search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Penemuan Susunan Batu Misterius Diduga Peninggalan Desa Tua Sebelum Tahun 1963
Minggu, 22 Juli 2018, 15:45 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com, Karangasem. Susunan-susunan batu misterius menyerupai pondasi bangunan yang ditemukan pada kedalaman sekitar 2 meter di bawah tanah di daerah Dusun Temukus, Desa Besakih, Rendang, Karangasem pada Selasa (17/7) lalu diduga pemukiman desa tua sebelum peristiwa Gunung Agung Meletus tahun 1963.
 
[pilihan-redaksi]
Penemuan kumpulan batu-batu yang tersusun lurus memanjang tersebut berada diantara Kuburan dan 2 Pura Dalem Desa setempat oleh beberapa orang warga yang saat itu tengah melakukan penggalian tanah untuk membuat tempat penyulingan sereh wangi. Menurut Bendesa Adat Temukus, I Nengah Sindia belum berani menyimpulkan penemuan susunan batu misterius yang menyerupai sebuah pondasi tersebut adalah situs purba.
 
"Sayapun masih bertanya - tanya dalam hati. Apa sebenarnya itu, anehnya lagi disana juga ditemukan batu yang memiliki bentuk sedikit unik," kata Sindia saat dikonfirmasi, Minggu (22/07).
 
Berdasarkan penuturan salah satu tetua yang mengaku sudah dewasa pada tahun 1963, kata Sindia di areal tempat ditemukannya batu-batu tersebut dulu hanya ditumbuhi pepohonan yang berukuran besar. Namun, lanjutnya tidak ada yang menjelaskan lokasi itu bekas pemukiman atau tidak. Di sisi lain, berdasarkan informasi yang dihimpun, pasca penemuan susunan batu tersebut, beredar rumor bahwa bebatuan itu kemungkinan adalah bekas peninggalan dari Desa Tua yang dahulu sudah bermukim di wilayah tersebut sebelum Gunung Agung Erupsi tahun 1963.
 
"Ada rumor katanya dulu di daerah itu ada pemukiman penduduk zaman dulu," ujar Wayan Sudiana selaku Kepala Wilayah Dusun Temukus.
 
Meski adanya rumor tentang peninggalan Desa Tua tersebut, Sudiana mengatakan terkait kebenaran sejarah penemuan batu tersebut tidak berani memastikan karena semua baru sebatas rumor di masyarakat. (bbn/igs/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami