search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Akun Kadis Capil Karangasem Dibajak, Modus Papa Minta Pulsa
Jumat, 3 Agustus 2018, 07:05 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com, Karangasem. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadis Capil) Kabupaten Karangasem I Wayan Sumidia geram setelah akun facebook miliknya diketahui diambil alih pembajak (hacker). Untuk itu, ia melaporkan ulah pembajak tersebut ke bagian Ciberkrim Polres Karangasem agar dilakukan pelacakan terhadap pelaku hacker ini karena dianggap sudah meresahkan.
 
"Tadi saya sudah laporkan, masih dicek oleh Tim Ciber," tuturnya.
 
[pilihan-redaksi]
Ulah pembajak ini diketahui berkat informasi dari salah satu pengguna facebook yang juga merupakan seorang wartawan. Dimana pada Kamis (02/08) sekitar pukul 19.00 wita dirinya tiba-tiba mendapatkan pesan messenger dari akun Facebook bernama Sumidia Wayan meminta agar dikirimkan pulsa kesatu nomor disertai alasan sedang ada acara dan penting untuk dihubungi.
 
Agar lebih meyakinkan, dalam percakapan tersebut pelaku juga mengatakan akan mengganti uang tersebut jika pulsa sudah dikirim. Sayangnya aksi oknum hacker ini rupanya diketahui oleh wartawan tersebut lantaran sangat tidak masukakal seorang Kepala Dinas tiba-tiba minta dibelikan pulsa.
 
Pelaku sempat beberapa kali diajak bercakap sembari mengiyakan untuk mengirim pulsa ke nomor tersebut. Sempat ditanya beberapa hal terkait jabatannya sebagai Kepala Dinas, rupanya pelaku cukup pintar dimana sebelum melancarkan aksinya sudah memiliki informasi terkait pemilik akun yang asli.
 
[pilihan-redaksi2]
Akhirnya setelah memutuskan untuk mengkonfirmasi langsung via pesan singkat SMS kepada Wayan Sumidia, ternyata memang benar terjadi pembajakan akunnya. Ia langsung menyatakan tidak pernah meminta pulsa, bahkan akun facebook tersebut dikatakan Sumidia sudah tidak aktif sejak setahun terakhir.
 
Tidak sampai disana, beberapa saat kemudian pelaku kembali mengirimkan messenger kepada wartawan ini mengatakan seolah-olah dirinya yang mengirimkan pesan dan sebelumnya adalah hacker. Namun wartawan ini rupanya juga curiga dengan gelagatnya setelah beberapa kali bercakap ternyata benar lagi-lagi ujungnya meminta agar dikirimkan pulsa. (bbn/igs/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami