search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ada Kulkul Otomatis di Banjar Puri Candra Asri
Minggu, 19 Agustus 2018, 12:40 WITA Follow
image

beritabalicom

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Kulkul otomatis hadir di Banjar Puri Candra Asri, Desa Batubulan Gianyar. Kulkul otomatis yang berfungsi untuk mengumpulkan warga banjar atau dusun ini, merupakan satu-satunya di Bali.
 
Kulkul otomatis Cultim 1.0 ini menggunakan teknologi microcontroler. Alat untuk menggerakkan pemukul kulkul ini bekerja dengan triger atau pemicu dari pesan singkat atau SMS.
 
"Dengan teknologi tersebut, pemukul kulkul digerakkan lewat pesan sms yang diteruskan ke alat yang dipasang di dekat kulkul. Jadi alat bekerja berdasar signal yang dikirim lewat pesan singkat atau SMS, lewat nomor pengelola yang sudah didaftarkan sebelumnya," jelas Gusti Made Ngurah Desnanjaya selaku ketua tim pembuat kulkul otomatis ini, Minggu (19/8/2018).
 
Sama dengan kulkul konvensional umumnya, kulkul otomatis ini sudah diprogram sehingga bisa membunyikan berbagai jenis kode atau ketukan kulkul, mulai ketukan 3 kali untuk paum atau rapat warga, kulkul untuk kematian warga, hingga kulkul bulus untuk kondisi bahaya.
 
"Sudah diprogram dengan kode 01,02, 03, dan seterusnya," ujar Gusti.
 
"Kulkul otomatis ini merupakan hasil karya tim dari kampus STMIK STIKOM Indonesia atau yang dikenal dengan STIKI Bali. Untuk pilot project pertamanya di Banjar Puri Candra Asri. Nanti mungkin akan dikembangkan di tempat lainnya di Bali," ujar I Dewa Made Adi Baskara Joni, Kepala Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kreativitas STIKI Bali. [bbn/psk]

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami