search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Harga Xenia Baru Sama Dengan yang Lama, Strategi Menjaga Daya Beli Pasar
Jumat, 18 Januari 2019, 19:05 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Di tengah ketatnya persaingan pasar Multi Purpose Vehicle (MPV) low, produsen otomotif kian berlomba menjadi primadona, salah satunya Daihatsu yang kembali memoles generasi terbarunya, Grand New Xenia
 
Kendati tidak merubah total tampilan, Daihatsu optimis mampu mendongkrak pasar, terutama di Bali tumbuh 35% atau terjual 250 unit per bulan dari sebelumnya 180 unit per bulan. Perubahan yang tergolong minor ini (facelift) bukan tanpa alasan.
 
Pihak Daihatsu mempunyai pertimbangan nilai daya beli masyarakat. Inilah yang kemudian menjadi nilai lebih Grand New Xenia, meski tampilan baru masih mempertahankan harga lama.
 
"Perubahan ini berdasarkan amatan dari survei konsumen bahwa setelah 15 tahun usia Xenia masih dinilai "cantik" dan mobil legenda di mata mereka," ujar Supranoto, Deputi Chief Executive PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI DSO) dalam peluncuran Grand New Xenia, Jumat (18/1) di Denpasar.
 
Supranoto meyakini Daihatsu bisa saja mampu membuat tampilan Xenia berubah drastis, namun kembali lagi nilai lebih yang ditawarkan malah membuat daya beli konsumen berkurang dengan kenaikan harganya. "Akan ada nantinya perubahan yang lebih total, tetapi saat ini kami menghadirkan minor change dulu dan varian baru 1.500 cc," ungkapnya.
 
Di tahun 2018, pasar otomotif Bali mengalami pertumbuhan positif sebesar 13% dibanding 2017 dengan rata-rata market total auto per bulan sebesar 2.351 unit dimana MPV Low Bonet memberikan kontribusi sebesar 28%, atau rata-rata per bulan sebanyak 670 unit. Segmen MPV Low tumbuh 28% dibanding tahun 2017.
 
Koordinator Wilayah Bali-Nusra, PT AI DSO, Edy Susanto mencatat pada segemn tersebut Xenia berhasil tumbuh 18% dan meraup market share sebesar 26,9% di tahun 2018 dan mempertahankan posisi di nomor 2 dengan rata-rata penjualan per bulan sebesar 180 unit.
 
 
"Untuk Daihatsu sendiri tahun 2018 tetap berhasil mempertahankan posisi no 2 di Bali dengan perolehan market share sebesar 22,8%," sebutnya. Untuk harga On The Road (OTR) Bali, Grand New Xenia dibanderol dengan harga mulai Rp.192 juta hingga Rp.237,8 juta. 

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami