search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Wabup Sedana Arta Hadiri Bhakti Penyineb Penaung Bayu di Pura Batu Madeg Besakih
Sabtu, 30 November 2019, 05:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Wakil Bupati (Wabup) Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, didampingi Ny. Sariasih Sedana Arta, dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Bangli, Jumat (29/11) ngaturang bhakti penyineb di Pura Batu Madeg, Besakih, serangkaian bhakti penaung bayu, yang puncaknya sudah dilaksanakan pada tilem kelima, anggara kliwon dukut, (26/11) lalu.

Rangkaian bakti penyineb di Pura Batu Madeg diawali dengan pemuspaan, nedunan ida bhatara, metetingkeb ring jaba tengah, mewali ke meru penyineban, muspa, nuek bagia pulekerti, ngeseng bagia pulakerti, mendem tegteg pulekerti yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Bukit Kemenuh, Gria Singarata, Rendang, Karangasem. Adapun bhakti yang dihaturkan, diantaranya soroan bebangkit munggah ring pesamuan, daanan ring penyimpenan, daanan ring ajeng penyimpenan lan bhakti pemendak.

Jro Mangku Nengah Rimpi penglingisir pura mengungkapkan, bhakti penyineb di pura Batu Madeg hari ini merupakan rangkaian dari upakara yang telah dimulai sejak nedunang Ida Bhatara pada 24 Nopember 2019, puncak upakara pada 26 Nopember 2019 dan hari ini Ida Bhatara katuran mesineb.

Pada kesempatan itu, ia juga bercerita tentang Pura Batu Madeg. Menurut Jro Mangku Nengah Rimpi, Pura Batu Madeg merupakan istana Ida Bhatara Wisnu yang mempunyai fungsi dalam melindungi dan memelihara alam semesta, pencipta kemakmuran bagi alam semesta beserta isinya. 

Sementara itu, Wabup Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, persembahyangan dalam bhakti penyineb penaung bayu, merupakan wujud dan srada bakti kepada Ida Bhatara Wisnu yang berstana di Pura Batu Madeng.

Melalui bhakti Penaung bayu, ia berharap masyarakat Bali khususnya, selalu diberikan keselamatan dan kesejahteraan serta kemakmuran. 

”Melalui bhakti ini kita mohonkan kehadapan Ida Bhatara Wisnu, agar umat Hindu Sedarma selalu diberikan keselamatan dan kesejahteraan, serta diberkati dengan sinar suci Ida Bhatara, “tutupnya.
 
 

Reporter: Humas Bangli



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami