search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Hari Kasih Sayang, BPBD Karangasem Tanam Pohon Daripada Bagikan Coklat
Jumat, 14 Februari 2020, 15:10 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

BPBD Karangasem memiliki cara tersendiri dalam memaknai hari kasih sayang atau Valentine yang jatuh pada hari ini, Jumat (14/02/2020).

[pilihan-redaksi]
Di saat kebanyakan perayaan hari Valentine dirayakan dengan membagikan coklat dan bunga, anggota BPBD Karangasem justru merayakannya dengan menanam seribu bibit pohon Gamelina di kawasan Banjar Dinas Bunutan, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem.

“Ini kita dalam rangka memperingati hari Valentine yang jatuh pada hari ini, Jumat, 14 Februari 2020, rasa kasih sayang tidak hanya ditujukan kepada orang – orang yang kita sayangi tetapi rasa sayang juga bisa kita tujukan untuk alam dan lingkungan, karena ketika kita menjaga alam maka alam juga akan menjaga kita,” kata Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimba usai melaksanakan kegiatan penanaman pohon.
 


Dipilihnya wilayah Banjar Dinas Bunutan sebagi lokasi penanaman pohon lantaran kawasan tersebut dianggap memiliki potensi bencana tanah longsor yang paling tinggi diantara wilayah lainnya yang ada di Kabupaten Karangasem. 

Pohon yang ditanam pun memang sengaja dipilih jenis pohon Gamelina karena pohon jenis ini memiliki akar tunggal yang nantinya bisa juga berfungsi sebagai penahan air saat musim hujan. Selain pohon Gamelina, diwilayah tersebut juga sudah ditanami rumpun bambu.


“Sebenarnya gerakan penghijauan juga sudah berjalan sejak dulu dan dulu pernah ada longsor yang jatuh bukan tanah tapi bebatuan. Nah dengan tanaman yang sudah ada sebelumnya mampu menghentikan laju longsoran,” tandas Arimbwa.

Sementara itu, kegiatan penanaman pohon ini dilaksanakan bersama Kelompok Tani Tunas Muda, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Camat Abang, PMI, Kepala Desa Bunutan bersama staf dan masyarakat setempat.

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami