search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kondisi Titik Jenuh, Kesadaran Penerapan Protokol Kesehatan Menurun
Selasa, 17 November 2020, 22:30 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Penyebaran virus Corona di Bumi Lahar hingga saat ini masih terbilang fluktuatif, dimana setiap harinya masih ada saja penambahan kasus baru kendati jumlahnya cenderung berkurang.

Namun, belakangan ini berdasarkan pantauan di lapangan seiring menurunnya angka penambahan kasus baru, kesadaran warga nampaknya juga mulai sedikit menurun.

Di beberapa kesempatan secara tidak sengaja didapati sejumlah warga kembali berkerumun tanpa menjaga jarak seperti pada saat upacara pernikahan mupun kegiatan keagamaan lainnya. Bahkan tak sedikit juga yang tidak memakai masker.

Padahal dengan mengabaikan imbauan protokol kesehatan tersebut bisa berpotensi menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19. Disamping diperlukan kesadaran bersama, peran Satgas ditingkat Desa dan Kelurahan juga perlu digalakkan lagi terutama dalam hal melakukan sosialisasi dan penertiban protokol kesehatan seperti yang gencar dilakukan pada saat awal - awal virus asal Wuhan tersebut merebak di Kabupaten Karangasem.

Berkaitan dengan kondisi tersebut, Sekda Kabupaten Karangasem, I Ketut Sedana Merta selaku Kepala Harian Satgas Penanganan Covid -19 Kabupaten Karangasem tak menampik kondisi tersebut, ia menyadari bahwa kondisi saat ini warga berada pada titik jenuh.

Kendati demikian, sepanjang virus ini belum ada obatnya, menurut Sedana Merta tentu saja jalan satu - satunya adalah disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Untuk itu, pihaknya akan kembali lebih mengingatkan dan menertibkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan melalui satgas yang telah terbentuk sebelumnya.

"Selaku Kepala Harian Satgas Penanganan Covid -19, kita ingin mengingatkan bagaimana kesadaran terhadap kesehatan itu penting. Bukan kita mencari kesalahan, tetapi kita harus menyadari dan ingat bahwa di rumah ada anak dan orang tua yang rentan terpapar karena kita yang sehat berpotensi untuk menyebarkan virus jika tidak menerapkan protokol kesehatan," kata Sedana Merta ditemui Selasa (17/11/2020).

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami