search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jokowi Melantik 6 Menteri Baru pada Hari Rabu Pon, Ini Maknanya
Rabu, 23 Desember 2020, 11:25 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik 6 menteri barunya, hari ini, Rabu (23/12/2020) setelah kemarin ia mengumumkan reshuffle kabinet Indonesia Maju.

Beberapa nama diumumkan, diantaranya ialah Tri Rismaharini (Risma) sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, serta M. Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.

Hal yang menarik, seperti pengumuman reshuffle kabinet sebelumnya, kali ini, untuk kelima kalinya, Jokowi memilih hari Rabu untuk momen penting tersebut. Tiga di antaranya ialah hari Rabu Pon dan dua lainnya ialah Rabu Pahing.

Dikutip dari Suara.com, Rabu Pon adalah hari berdasarkan kalender Jawa, di mana Pon adalah salah satu dari lima hari pasaran, yakni Kliwon, Legi, Pahing, Pon, dan Wage.

Tentu banyak yang bertanya-tanya, ada apa dengan Rabu Pon? Apa makna dan keistimewaannya? Untuk melihat hal tersebut, simak fakta menarik mengenai Rabu Pon, yang juga hari kelahiran dari Jokowi.

1. Simbol hari Rabu dalam kalender Jawa

Dilansir Subkiniman, weton Rabu Pon adalah kombinasi antara cakra jantung dengan cakra dasar. Sementara hari Rabu disimbolkan dengan matahari. Di satu sisi matahari bersifat ceria, hangat, melayani serta menginspirasi. 

Namun di sisi lain, matahari jika terlalu kuat juga dapat membuat panas bahkan menghancurkan.

Karena itu, diharapkan, di hari ini, perubahan yang terjadi dapat memberikan penerangan layaknya matahari.

2. Sisi positif Rabu yang penuh cinta kasih

Hal positif dari elemen hari Rabu adalah hari yanh tepat dimanfaatkan untuk meminta pertolongan. Misalnya berobat. Sebab hari Rabu penuh dengan cinta kasih. Hal ini harus dipahami dengan bijak.

Begitu pula dengan reshuffle kabinet, secara tak langsung adalah ungkapan seorang presiden yang meminta pertolongan pada orang lain untuk membantunya membuat Indonesia menjadi lebih maju.

3. Tiga sifat tersembunyi Pon

Sedangkan pasaran Pon membentuk psikologis seseorang menjadi andal dalam mengatur. Hal itu dikarenakan pasaran Pon berelemen logam serta menempati cakra dasar.

Pasaran Pon menyimpan tiga sifat tersembunyi, yaitu spiritualis, bijaksana, serta romantis. Ketika ketiga hal tersebut dimunculkan serta digunakan untuk memimpin, mereka diharapkan akan menjadi luar biasa.

4. Pelajaran dari Rabu Pon

Rabu pon memberi pelajaran pada kita semua bahwa kadang memimpin tidak musti harus keras. Ada saat di mana cinta kasih digunakan dalam memimpin. 

Selain itu, karakter dari Rabu Pon yang sangat baik dan luwes ini juga bermakna tidak terlalu formal alias santai Untuk menghadapi permasalahan tertentu, perlu fleksibilitas metode supaya masalah dapat selesai dengan baik.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami