search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Hari Ini Fenomena Gerhana Matahari Cincin, Bisakah Diamati di Bali?
Kamis, 10 Juni 2021, 13:50 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Hari ini, Kamis (10/6/2021) akan terjadi gerhana matahari cincin dan fase bulan baru. Kedua fenomena ini akan terjadi di beberapa wilayah meliputi belahan bumi bagian Utara, terutama kawasan lingkar kutub.

Fenomena tersebut hanya dapat disaksikan di sejumlah negara yakni di Pulau Ellesmere dan Baffin (Kanada) serta Kawasan Siberia (Rusia) dan tidak teramati dari Bali.

"Tidak teramati dari Bali. Gerhana matahari cincin hanya dapat disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin di negara Kanada serta Kawasan Siberia di negara Rusia dengan ketampakan maksimal terjadi pada pukul 17.43 WIB atau 18.43 WITA atau 19.43 WIT atau akan berlansung dari 15.12 WIB - 20.11 WIB," papar Kepala Kelompok Kerja Sub Bidang Pengumpulan & Penyebaran Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III, Yohanes Agus Setiawan, Kamis (10/6) Tuban, Badung.

Ia menjelaskan fenomena Gerhana Matahari Cincin adalah saat bulan menutupi pusat Matahari. Bulan akan meninggalkan bagian luar Matahari membentuk cincin api

"Ini terjadi karena Bulan berada cukup jauh dan tampak kecil dari Bumi. Dengan begitu membuat satelit alami Bumi menjadi tidak bisa menghalangi seluruh permukaan Matahari," ujarnya.

Dia menambahkan, di tahun ini, peristiwa kedua Gerhana Matahari Cincin akan terjadi pada 4 Desember mendatang. Saat itu akan terlihat di wilayah Amerika Selatan, Pasifik, Atlantik, sebagian Samudera Hindia dan Antartika.

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami