search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Menjelajahi Dunia dengan Sepeda, WN Polandia Tiba di Bali
Minggu, 8 Agustus 2021, 11:10 WITA Follow
image

beritabali.com/foto : rzeszow.tvp.pl/Menjelajahi Dunia dengan Sepeda, WN Polandia Tiba di Bali

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Mateusz Syrek, pesepeda asal Negara Polandia memiliki hobi menggayung sepeda menjelajahi dunia. Mateusz  berkeliling ke negara Eropa, Timur Tengah hingga Asia Tenggara. Pria ini berkeliling dunia menggunakan sepeda, helm dan kaos hitam bertuliskan “4 Year On A Bike".

Dalam perjalanan 4 tahun menaiki sepeda keliling dunia, sudah 41 negara dijelajahinya termasuk Indonesia. Mateusz Syrek memasuki Indonesia pada tahun 2020 melalui Selat Malaka Sumatra Utara menuju Pulau Jawa. Dikarenakan pada saat itu di Indonesia mengalami wabah pandemi, dirinya tinggal di Yogyakarta selama 1 tahun. Selanjutnya dirinya melanjutkan perjalanan menuju Jawa Timur dan singgah di Surabaya. Melalui kenalannya dengan salah satu asosiasi perjalanan di media sosial facebook, dirinya berkenalan dengan salah satu dosen bahasa Inggris yang mengajar di UPN Surabaya bernama Laksmi Diana S.S, M.PD yang asal Jembrana Bali.

"Setelah dari Surabaya, saya langsung menuju Bali masuk Melalui Pelabuhan gilimanuk menuju Bali Utara, untuk mengurus kartu imigrasi dan langsung menuju amlapura dan sampai di Denpasar dan balik lagi ke Buleleng untuk mengurus visa dan paspor, akan tetapi dikarenakan pandemi kantornya tutup," terang Mateusz Jumat (06/08/2021).

Saat sampai di Jembrana dengan sepeda gayung setianya, Mateusz menceritakan pengalamannya, dia merasakan keindahan alam Jembrana yang sangat cantik. Dirinya mendengar nama Bali saat di Eropa.

"Semua bilang Bali sangat bagus, di sana nama Bali terkenal keindahannya dan budayanya, semua berbicara tentang Bali, dan ini yang menjadi tujuan saya juga datang ke sini dan merasakan langsung apa yang teman-teman bicarakan di Eropa terkait Bali. Selain itu saya juga bertujuan  mencari tempat baru yang belum pernah saya kunjungi," ungkapnya.

Pada intinya ia sangat senang dinggal di Bali, penduduknya ramah-ramah, banyak seyum terlihat di semua orang. "Ini saya abadikan dan khusus membawa peralatan seperti kamera drone dan lain-lain dari negara saya. Selanjutnya saya datang ke Jembrana, dalam perjalanan saya mulai dari sebelum pandemi ini, di sini saya ikut vaksin, agar saya bebas kemana-mana lagi," ujarnya.

Selama tinggal di Jembrana Mateusz diundang Bupati Jembrana I Nengah Tamba di Rumah Jabatan beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan tersebut, Mateusz dijamu dengan minuman coklat khas Jembrana oleh Bupati. Dirinya menyebutkan jika minuman coklat yang disajikan untuknya sangat nikmat dan memiliki rasa yang tiada duanya.

Sementara Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan, dengan kedatangan peseda Mateusz ini diharapkan bisa membawa nama Kabupaten Jembrana di dunia. 

“Mateusz patut dicontoh karena pantang menyerah mengelilingi dunia hingga sampai di Jembrana. Saya harap setelah dia tinggal di Jembrana beberapa waktu, dia membawa nama Jembrana ke Dunia,” harap Tamba.

Mateusz Syrek tinggal di Jembrana selama 2 bulan. Selama tingga di Jembrana, dia sambil mengurus visa dan paspor di Buleleng. 

"Suasana di sini juga saya rasakan seperti di Yogyakarta, budayanya kental sekali. Saya senang di Jembrana suasana sejuk dan sepi, kopinya juga enak disini saya senang sekali. Setelah ini saya akan pergi ke Kalimantan melalui Pulau Jawa," tutupnya.

Reporter: bbn/jbr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami