search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pemburu Satwa Di TNBB Ditangkap, 2 Kepala Kijang Jadi Bukti
Jumat, 1 Oktober 2021, 22:20 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pemburu Satwa Di TNBB Ditangkap, 2 Kepala Kijang Jadi Bukti.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Satwa kijang jenis Muntiacus muntjak yang dilindungi oleh Pemerintah di Kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) diburu untuk diambil daging dan tanduk serta kepalanya.

Hal ini terungkap saat Satgas TNBB menyergap seorang pemburu saat melakukan aksinya di Kawasan Prapat Agung Desa Sumberklampok Kecamatan Gerokgak.

Aksi pemburuan yang dilakukan Kasyanto, warga Desa Sumberklampok itu berawal saat Satgas TNBB yang terdiri dari Polisi Kehutanan dipimpin  Kepala Resort Wayan Wiriasa menemukan sepeda motor tanpa pemilik dan tak lazim berada di kawasan hutan tersebut. Tak tanggung-tanggung, pelaku ditangkap saat membawa buruan yang dilindungi.

Kepala Balai Taman Nasional Bali Barat Agus Ngurah Krisna Kepakisan saat dikonfirmasi Jumat (1/10/2021) membenarkan penangkapan yang dilakukan berkaitan dengan perburuan terhadap satwa yang dilindungi.

“Awalnya patroli rutin, nah saat itu terlihat ada sepeda motor tak lazim di lokasi. Biasanya sepeda motor orang mancing dan pemiliknya ada, ini kok dihutan  jadi timbul kecurigaaan dan ditungguin sambil ngintip siapa itu. Tahu-tahu setelah turun dari lokasi yang bersangkutan membawa karung berisi daging kijang sama kepala,” ujar Agus Ngurah Krisna Kepakisan. 

Ia menduga pelaku membawa peralatan buruannya melalui jalur tikus sehingga saat masuk pintu penjagaan menyamar.

”Biasanya yang diperiksa di penjagaan wisatawan yang mau sembahyang ke Segara Rupek. Kalau masyarakat lokal yang biasanya keluar masuk ingin memancing lepas pemeriksaan. Kecurigaan kita pelaku ini masuk sebelumnya melalui jalan tikus  dan besar kemungkinan pada malam hari dan keluar lagi serta mencari pintu resmi untuk bisa masuk membawa sepeda motornya,” ujar Agus Ngurah Krisna.

Sementara, Kasatgas TNBB I Wayan Grudug Suanegara yang ikut terlibat dalam penyergapan menuturkan, sebelum dilakukan penyergapan bersama beberapa petugas melakukan pengintaian untuk memastikan aktivitas yang dilakukan.

“Awalnya menuju arah pantai Prapat Agung, nah menuju arah yang namanya Pangkal Buaya ditemukan sepeda motor mencurigakan dan kita pantau dari pagi sampai mereka keluar dan kita sergap. Awalnya juga kita curigai orang mencari sarang lebah, berburu dan mencari kayu,” ujar Grudug Suanegara.

Kasatgas I Wayan Grudug Suanegara memaparkan setelah dilakukan penyergapan tanpa ada perlawanan berhasil melumpuhkan pelaku dan mengamankan sejumlah barang bukti senapan yang dibawa berburu.

“Saat akan naik membawa sepeda motor kita sergap. Terkait senjata /senapan berisi peredam pelaku ini masuk lewat jalur tikus dari Desa Sumberklampok  dan pelaku ini dari desa itu sendiri. Seizin Kepala Balai dan kita berkoordinasi dengan Unit II Polres Buleleng melalui Kanit nya kita serahkan pelaku  Kasyanto, beserta barang buktinya,” jelas Kasatgas TNBB.

Reporter: bbn/bul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami