search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Nataru, Tim SAR Siaga Pelabuhan, Bandara dan Tempat Wisata
Rabu, 22 Desember 2021, 18:35 WITA Follow
image

beritabali/ist/Nataru, Tim SAR Siaga Pelabuhan, Bandara dan Tempat Wisata.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Kantor SAR Mataram menyiapkan personil dan alat utama (alut) untuk dikerahkan dalam Siaga SAR Khusus.

Adapun titik-titik yang menjadi perhatian SAR dalam kegiatan tahunan ini adalah pelabuhan penyeberangan, bandara dan tempat-tempat wisata.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, arus kendaraan pribadi maupun umum meningkat di perayaan ini. Dengan begitu para personel yang bertugas di Kantor SAR Mataram, Pos SAR, dan kapal diturunkan untuk mengantisipasi hal tersebut.

SAR Mataram pun telah melaksanakan apel gelar pasukan di kantor setempat sejak Jumat (17/13) lalu hingga tanggal 4 Januari 2022.

Kepala Kantor SAR Mataram, Nanang Sigit PH menyampaikan tujuan utama dari pelaksanaan Siaga SAR Khusus. Yakni agar terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal (Quick Response SAR). 

"Walaupun kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahun, peningkatan kinerja sangat diperlukan," ungkap Nanang, Rabu (22/12). 

Nanang menegaskan yang dia sampaikan, sesuai arahan dari Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Madya TNI Hendri Alfiandi. 

"Harus ada peningkatan dari tahun ke tahun baik kesiapan personel, peralatan, keterampilan dan kesigapan serta sistem Quick Response SAR jika terjadi kecelakaan," kata Nanang lagi.

Tahun ini, Basarnas akan tetap berfokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan apa yang menjadi tupoksinya. Namun tidak mengesampingkan potensi-potensi terjadinya kecelakaan lain dan bencana yang juga memerlukan perhatian.

Nanang juga menyampaikan bahwa hal penting lainnya yang selalu harus turut mendapat perhatian serius adalah kesiapan alut. Kendaraan maupun peralatan - peralatan rescue menunjukkan performance dari Basarnas.

"Perlu diperhatikan kebersihan dan perawatannya agar selalu siap ketika digunakan," ungkapnya.

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami