search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Konsumsi Nanas Bisa Bantu Jaga Gigi Tetap Sehat dan Putih
Rabu, 23 Maret 2022, 22:15 WITA Follow
image

bbn/detik.com/Konsumsi Nanas Bisa Bantu Jaga Gigi Tetap Sehat dan Putih

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Sikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride dan melakukan pemeriksaan rutin bisa membantu menjaga kesehatan gigi. Cara ini juga bisa membantu menghilangkan noda gigi.

Tapi, Anda perlu tahu bahwa ada beberapa makanan yang bisa merusak gigi. NHS menjelaskan bahwa diet, merokok dan minum alkohol juga bisa mempengaruhi kesehatan gigi.

Oral Health Foundation mengatakan mulut membutuhkan waktu 1 jam untuk untuk menghilangkan asam yang disebabkan oleh makan dan minum gula. Asam inilah yang juga menyerang gigi.

"Karena itu, penting untuk membatasi paparan asam ini dengan mengonsumsi makanan dan minuman manis hanya pada waktu makan," kata Oral Health Foundation dikutip dari Express.

American Dental Association (ADA) mengatakan mulut, gigi dan gusi Anda itu tidak hanya berfungsi untuk mengunyah dan menelan makanan sebelum masuk ke sistem pencernaan.

"Mulut adalah titik kontak awal tubuh Anda dengan nutrisi yang Anda konsumsi. Jadi, konsumsi makanan apapun tidak hanya berdampak pada kesehatan Anda secara umum, tetapi juga gigi dan gusi Anda.

Jika nutrisi Anda buruk, dampaknya akan terlihat pada mulut Anda, salah satunya noda pada gigi. Tapi, Long Grove Dental Studio mengatakan ada buah yang bisa membantu menghilangkan noda pada gigi.

"Nanas yang mengandung bromelain sebagai agen anti-inflamasi dan pembersih alami bisa membantu menghilangkan noda pada gigi," kata Long Grove Dental Studio.

Penelitian terbaru oleh International Journal of Dental Hygiene menemukan bahwa bahan ini dapat menghilangkan noda gigi dengan aman dan efektif.

Suatu penelitian bertujuan untuk berbagai perubahan pada email manusia yang diputihkan dengan tiga konsentrasi hidrogen peroksida berbeda, yakni yang mengandung ekstrak sebagai aditif dalam dua waktu dan menggunakan spektrofotometer reflektansi.

Mereka menemukan bahwa penambahan ekstrak nanas ke hidrogen peroksida menghasilkan pemutihan yang efektif. Mereka juga menyarankan semua orang untuk membatasi asupan makan dan minum di antara waktu makan.

"Sayangnya, kebanyakan orang justru memiliki makan permen, keripik atau camilan lain yang mana bisa merusak gigi," jelasnya.

Jika Anda memang ingin ngemil, lebih baik pilihan makanan bergizi, seperti keju, yogurt, buah-buahan, sayuran, atau kacang-kacangan.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami