search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tak Hanya Motor, Pakai Sandal Jepit di Mobil juga Tidak Dianjurkan
Kamis, 7 Juli 2022, 10:05 WITA Follow
image

bbn/kompas.com/Tak Hanya Motor, Pakai Sandal Jepit di Mobil juga Tidak Dianjurkan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Imbauan polisi untuk tidak menggunakan sandal jepit saat mengendarai motor sempat ramai menjadi perbincangan beberapa hari terakhir. Polisi bilang, mengenakan sandal jepit saat mengendarai motor berbahaya, terlebih jika terjadi kecelakaan.

Tetapi rupanya menggunakan sandal jepit saat mengendarai mobil juga tak kalah berbahaya. Menurut Auto2000, distributor resmi kendaraan Toyota di Indonesia, sandal jepit termasuk alas kaki yang tak dianjurkan saat berkendara.

Saat menginjak rem atau gas, tali sandal jepit bisa tersangkut pada pedal. Lebih gawat lagi jika sandal terlepas dan mengganjal pedal rem atau gas. Fatal sekali.

Selain itu jika terjadi kecelakaan, sandal jepit juga tak mampu memberikan proteksi yang maksimal.

Selain sendal jepit, ada juga beberapa jenis alas kaki yang tidak dianjurkan untuk dikenakan untuk mengemudi mobil. Khusus untuk pengemudi perempuan sangat tidak dianjurkan untuk mengenakan sepatu hak tinggi alias high heels untuk mengemudi.

Mengingat desain sepatu hak tinggi tersebut yang menekuk kaki membuat pergerakan kaki pengemudi jadi sulit dan tidak mendapatkan posisi yang alami. Dengan demikian akan dapat mengurangi feeling saat menginjak pedal-pedal.

Belum lagi risiko kaki tergelincir karena hak yang terlalu tinggi dan runcing, selain bisa berpotensi cedera juga membahayakan saat butuh respon yang cepat.

Selain itu, hindari juga alas kaki dengan sol yang terlalu tebal dan kaku untuk mengemudi. Hal ini karena dapat menjadi potensi berkurangnya respon dan keleluasaan kaki.

Di samping pemilihan alas kaki atau sepatu yang tepat, mengenali karakteriskik yang dikemudikan juga tak kalah penting. Jangan pernah mengemudi mobil tanpa mempelajari aspek teknisnya.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami