search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
6 Efek Kesehatan Jangka Panjang Minum Alkohol
Senin, 25 Juli 2022, 15:25 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/6 Efek Kesehatan Jangka Panjang Minum Alkohol

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Tidak sedikit masyarakat di perkotaan saat ini yang memiliki kebiasaan minum alkohol sebagai salah satu pelepas penatnya. Padahal, kebiasaan ini memiliki efek jangka panjang yang buruk. Efek kesehatan jangka panjang minum alkohol bisa benar-benar serius, dan cukup sulit mengatasinya.

Untuk meningkatkan kesadaran dan awareness Anda yang membaca artikel ini, berikut sederet efek kesehatan yang bisa muncul saat konsumsi alkohol terus berlangsung dalam waktu yang lama.

1. Obesitas

Konsumsi minuman beralkohol yang terlalu banyak dapat memicu terjadinya obesitas. Terlebih jika konsumsi alkohol ini disertai dengan camilan yang mengandung lemak tinggi, maka tubuh akan menerima asupan kalori yang besar dan tidak terbakar habis, sehingga menambah berat badan dalam waktu singkat.

2. Perlemakan Hati

Alkohol yang masuk ke dalam tubuh dapat memicu kondisi perlemakan hati. Ketika konsumsinya berlebihan, maka akan membuat hati mengalami kelebihan lemak dan tersimpan di dalamnya. Perlemakan hati ini juga dapat memicu penyakit lebih serius yang disebut sirosis hati.

3. Tekanan Darah Tinggi

Semakin tinggi tingkat konsumsi alkohol yang dimiliki seseorang, maka semakin kencang dan menyempit pula pembuluh darah yang dimilikinya. Dalam jangka panjang, hal ini bisa membuat pembuluh darah menjadi kaku dan kurang elastis, sehingga memicu terjadinya tekanan darah tinggi.

4. Penurunan Daya Tahan Tubuh

Penurunan daya tahan tubuh jadi salah satu efek kesehatan paling umum yang dirasakan oleh konsumen minuman beralkohol dalam jangka panjang. Akibatnya tubuh lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit, seperti flu, bahkan hingga TBC dan pneumonia.

5. Hilang Ingatan Jangka Pendek

Memicu pelemahan ingatan jangka pendek dan gangguan kognitif jangka panjang, minuman beralkohol juga jadi salah satu penyebab munculnya demensia pada saat usia lanjut. Jelas, hal ini jadi efek kesehatan jangka panjang minum alkohol dalam jumlah besar.

6. Stroke

Risiko stroke yang dimiliki oleh peminum berat secara drastis meningkat hingga 40 persen lebih tinggi daripada orang yang tidak mengkonsumsi minuman beralkohol sama sekali. Meski hubungannya belum terlalu jelas, namun hal in dikaitkan dengan tekanan darah tinggi yang muncul akibat penyempitan pembuluh darah.

Itu tadi beberapa efek kesehatan jangka panjang minum alkohol yang bisa muncul pada peminum aktif. Tentu, sangat baik jika konsumsi seperti ini dikurangi atau dihilangkan, sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan kondisinya prima.(sumber: suara.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami