search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Apa Itu PSHT? Video Konvoi Berujung Bentrok Versus Warga
Selasa, 9 Agustus 2022, 17:52 WITA Follow
image

bbn/Suara.com/Apa Itu PSHT? Video Konvoi Berujung Bentrok Versus Warga

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

PSHT menarik perhatian usai kawanannya bentrok dengan warga di Kecamatan Sukun, Kota Malang, Minggu (7/8/2022) pagi. Lantas, apa itu PSHT?

Sebelumnya, bentrokan itu terjadk sekitar pukul 03.30 WIB di Jalan Sudanco Supriadi, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Ini membuat sejumlah warga dan pengendara yang kala itu melintas mengalami luka.

Diketahui, rombongan oknum perguruan silat tersebut sempat melempari warga dengan batuan paving hingga membawa senjata tajam seperti golok dan samurai.

Akibat dari bentrokan itu sebanyak tiga orang dikabarkan menderita luka-luka serius. Para korban ini dari warga dan PSHT. Para korban juga telah dirawat di RS Saiful Anwar.

Seperti dijelaskan Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Bhudi Hermanto, 6 saksi kasus tersebut telah diperiksa. Pemeriksaan sejumlah saksi tersebut untuk mencari tahu masalah awal penyebab insiden bentrokan ini.

"Kami masih mendalami persoalan awalnya bagaimana, tetapi kondisi tiga korban saat ini semakin membaik," kata Bhudi Hermanto, dikutip dari Beritajatim.com jejaring media Suara.com, Senin, (8/8/2022).

Apa Itu PSHT?

PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) adalah organisasi pencak silat yang turut mendirikan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) pada tanggal 18 Mei 1948. Hingga saat ini, PSHT diikuti sekitar 7 juta anggota.

Kelompok ini juga dikenal luas sebagai SH Terate, yang dibentuk oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo pada tahun 1922 dan kemudian disepakati namanya menjadi Persaudaraan Setia Hati Terate pada kongres pertamanya di Madiun pada tahun 1948.

PSHT memiliki cabang di 236 daerah di Indonesia, 10 komisariat di perguruan tinggi dan 10 komisariat luar negeri di Korea Selatan, Jepang, Belgia, Prancis, Malaysia, Belanda, Rusia, Timor Leste, dan China.

Pendidikan pencak silat di PSHT memiliki inti unsur pembelaan diri untuk mempertahankan kehormatan, keselamatan, kebahagiaan, dan kebenaran. Materi yang diberikan terbagi menjadi beberapa kelompok. 

Pertama, Pencak Silat Pemula yang terdiri dari senam massal, senam dasar, jurus senam, jurus toya, jurus belati; kuncian; dan silat seni untuk tunggal, ganda, dan beregu. 

Kelompok kedua adalah Pencak Silat Prestasi, yang dilatih untuk mengikuti kejuaraan olahraga yang melibatkan pencak silat dengan kategori tunggal, ganda, maupun beregu. 

Kemudian yang terakhir adalah kelompok Pencak Silat Bela Diri Praktis yang diberi materi bela diri profesional, pertunjukan, serta keterampilan khusus.

Tak hanya itu, PSHT juga mengajarkan beberapa hal seperti Ajaran Setia Hati, di mana anggotanya akan mempelajari upaya mendekatkan diri dengan Tuhan, dengan sesama manusia serta dengan alam semesta. 

Terkait kasus bentrok PSHT dengan warga Kecamatan Sukun, Malang, pihak Polresta Malang Kota tengah melakukan penyelidikan dengan menanyai para saksi dan mengamankan sejumlah kendaraan bermotor yang ditinggalkan oleh rombongan oknum perguruan silat.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami