search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Meksiko dan Kuba Laporkan Kematian karena Cacar Monyet
Jumat, 26 Agustus 2022, 05:17 WITA Follow
image

bbn/Suara.com/Meksiko dan Kuba Laporkan Kematian karena Cacar Monyet

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Infeksi cacar monyet merenggut nyawa dua orang di Meksiko dan Kuba, saat kewaspadaan terkait penyakit ini meningkat di Amerika Tengah. Dilansir ANTARA, laporan kematian sebelumnya juga sudah dilaporkan oleh Brasil dan Ekuador bulan lalu.

Organisasi Kesehatan Pan-Amerika (PAHO) melaporkan sedikitnya 21.200 kasus cacar monyet terkonfirmasi di benua Amerika. Lebih dari 80 negara di seluruh dunia juga telah melaporkan kasus baru cacar monyet, yang endeminya terjadi di wilayah Afrika.

Kementerian Kesehatan Meksiko pada Selasa (23/8) mengatakan bahwa para ahli sedang menyelidiki kematian pasien penderita HIV yang meninggal akibat komplikasi dan pneumonia setelah dinyatakan positif cacar monyet.

Meksiko mencatat 386 kasus terkonfirmasi dan 862 kasus terduga cacar monyet. Otoritas Kuba mengatakan seorang pria Italia berusia 50 tahun meninggal pada Minggu usai terdiagnosa cacar monyet sehari sebelum.

Kementerian kesehatan masyarakat mengatakan seorang wisatawan, yang tiba pada 15 Agustus, kondisinya tidak stabil sejak Kamis dan langsung memburuk. Kementerian itu merujuk pada laporan autopsi yang menyebutkan bahwa komplikasi sebagai penyebab kematian yang terkait dengan pneumonia dan kerusakan organ.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa orang dengan imun yang sedikit bisa berisiko mengalami gejala lebih serius dan kematian setelah terinfeksi cacar monyet. Hampir 42.000 kasus cacar monyet dilaporkan di seluruh dunia sejak Mei. 

Menular ke Hewan Peliharaan

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikta telah menerapkan kepada para pasien cacar monyet untuk menjauhi hewan peliharaan. Hal ini karena di dalam jurnal medis Lancet, yaitu laporan di Prancis mengungkapkan seekor anjing greyhound Italia tertular virus.

Dikatakan, anjing tersebut tidur bersama kedua pria yang terinfeksi cacar monyet pasca berhubungan seks dengan pasangan lainnya. Kondisi tersebut menyebabkan kedua pria tersebut mengalami lesi dan gejala lainnya.

Tidak hanya itu, kondisi itu juga menyebabkan anjing greyhound tersebut mengembangkan gejala yang sama seperti virus cacar monyet. Kondisi ini sendiri yang juga dikatakan sebagai laporan pertama cacar monyet pada hewan peliharaan seperti anjing dan kucing.

Oleh karena itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengatakan, hewan peliharaan yang melakukan kontak dengan pasien cacar monyet harus melakukan isolasi di tempat yang jauh dari manusia dan binatang lainnya.

Kondisi ini juga dilakukan selama 21 hari setelah kontak terakhir dengan pasien cacar monyet tersebut.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami