search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
WSBK di Sirkuit Mandalika Diperkirakan Capai 40 Ribu Penonton
Kamis, 22 September 2022, 23:25 WITA Follow
image

bbn/suara.com/WSBK di Sirkuit Mandalika Diperkirakan Capai 40 Ribu Penonton.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat memprediksi ajang World Superbike (WSBK) di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 11-13 November 2022 akan kembali menyedot 40 ribu penonton langsung di Sirkuit Mandalika.

"Jumlah penonton tahun ini diperkirakan lebih banyak dari tahun lalu yang mencapai 20 ribu penonton," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, H Lendek Jayadi, Kamis (22/9/2022).

Menurutnya jumlah penonton diasumsikan sampai dua kali lipat dengan tahun sebelumnya. Hal itu bisa meningkatkan potensi pendapatan asli daerah.

Sebelumnya PAD dari ajang WSBK itu sekitar Rp2,5 miliar, sehingga target PAD dari pajak hiburan itu bisa mencapai Rp5 miliar.

Dirinya optimis bahwa PAD kali ini bisa lebih maksimal dari tahun sebelumnya, karena semua pihak belajar dari pengalaman sebelumnya, yang banyak kekurangan baik dari segi infrastruktur maupun dari Sumber Daya Manusia (SDM).

“Namun yang terpenting kita harus memastikan ketersediaan kamar kita habis dimanfaatkan," katanya.

Ia mengatakan, kalau persoalan ada penonton yang tidak tertampung, maka itu persoalan lain. Jangan sampai daya tampung terpenuhi tapi daya serap kamar tidak terserap, karena itu tandanya tidak melakukan promosi dan penjualan yang maksimal.

Ribuan kamar itu nantinya sudah habis terjual oleh penonton, maka sudah ada alternatif lain yakni penyediaan rumah- rumah warga.

"Ada 5.058 kamar yang tersedia baik dari hotel maupun Homestay ," katanya.

Selain itu, dinas sudah menyampaikan kepada para pelaku Homestay dan Sarhunta untuk bekerjasama juga dengan masyarakat untuk melakukan identifikasi masyarakat mana yang memiliki rumah yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi akomodasi alternatif.

Pemerintah Daerah juga saat ini sedang mengusulkan adanya penurunan harga tiket, agar jumlah penonton juga bisa lebih banyak.

"Saat ini sedang dilakukan identifikasi terkait rumah warga dan memang kita juga memanfaatkan desa wisata yang nantinya bisa juga dikunjungi oleh para penonton,” katanya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami