search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Korut Siap Luncurkan Satelit Intel Buat Mata-Matai Gelagat Korsel
Senin, 19 Desember 2022, 14:45 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Korut Siap Luncurkan Satelit Intel Buat Mata-Matai Gelagat Korsel

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Korea Utara mengonfirmasi telah melakukan uji coba tahap akhir pengembangan satelit mata-mata yang dijadwalkan rampung pada April 2023 mendatang pada Senin (19/12).

Administrasi Pengembangan Antariksa Nasional (NADA) Korut melaporkan uji coba itu dilakukan di stasiun peluncuran satelit Sohae di Tongchang-ri dan merupakan bagian dari tes tahap final untuk meninjau kemampuan pencitraan satelit, transmisi data, dan sistem kontrol darat negara itu.

KCNA juga mengatakan kendaraan yang membawa satelit akan turut membawa kamera, pemancar, penerima gambar, perangkat kontrol dan baterai - mencapai ketinggian 500 kilometer (311 mil) ketika ditembakkan dari sudut tinggi.

"Kami mengonfirmasi indikator teknis penting seperti teknologi pengoperasian kamera di lingkungan luar angkasa, pemrosesan data dan kemampuan transmisi perangkat komunikasi, serta pelacakan dan sistem kontrol daratan," kata juru bicara kepada media pemerintah Korut, KCNA, seperti dikutip Reuters, Senin (19/12).

Dia juga mengatakan proses tahap akhir peluncuran satelit pengintai itu bakal dirampungkan pada April mendatang. Dalam laporan itu, KCNA turut merilis citra hitam putih dengan resolusi rendah yang menampilkan ibu kota Korea Selatan, Seoul, dan Incheon. Gambar itu diambil pada Minggu (18/12).

Laporan ini dirilis sehari setelah Pyongyang menembakkan dua rudal balistik ke arah Laut Timur pada Minggu. Menteri Pertahanan Jepang menyebut rudal Korut itu terbang dengan ketinggian 550 km dan menempuh jarak 250 km. 

Wakil Menteri Pertahanan Jepang Toshiro Ino berkata rudal balistik tersebut mungkin telah mendarat di luar zona eksklusif (ZEE) Jepang. Korut selama ini memang terus-menerus menguji coba rudal dalam jumlah yang tak terhitung selama setahun terakhir.

Salah satu peluncuran yang dilakukan yakni rudal balistik antarbenua (ICBM). Rudal itu diklaim mampu mencapai daratan Amerika Serikat.

Pada Kamis (15/12), Korut juga menguji coba mesin berbahan bakar padat yang memiliki daya dorong tinggi. Para ahli memprediksi mesin itu mampu meluncurkan rudal balistik yang lebih cepat dan masif.

Ambisi pengembangan teknologi rudal balistik dan nuklir Korut pun membuat ketar-ketir dan semakin waswas negara tetangga seperti Jepang dan musuh bebuyutan Pyongyang, Korsel. Belakangan, Amerika Serikat juga berencana menjatuhkan sanksi tambahan terhadap Korut atas pengembangan rudal balistiknya yang kian ambisius.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami