search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kapal Rusia Terpantau Dekati Hawaii, AS Waspada
Minggu, 22 Januari 2023, 16:16 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Kapal Rusia Terpantau Dekati Hawaii, AS Waspada

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) menemukan sebuah kapal berbendera Rusia yang dicurigai sebagai armada pengumpul informasi intelijen di dekat wilayah Hawaii. Penemuan ini terjadi tatkala hubungan Washington dan Moskow sedang memanas menyusul perang yang terjadi di Ukraina.

Dalam sebuah video yang dibagikan dalam akun Twitter resminya, Penjaga Pantai AS menyebut kapal ini sudah berlayar dalam beberapa pekan terakhir dekat negara bagian di kepulauan Pasifik itu. Komandan Penjaga Pantai AS, Dave Milne, mengatakan pihaknya akan mengawasi dengan protokol peraturan internasional.

.

"Penjaga Pantai beroperasi sesuai dengan hukum laut internasional untuk memastikan semua negara dapat melakukan hal yang sama tanpa rasa takut atau perlawanan. Ini sangat penting untuk mengamankan kebebasan bergerak dan navigasi di seluruh Pasifik," paparnya dikutip Newsweek, Jumat (20/1/2023).

USCG adalah salah satu dari enam cabang Militer AS dan bagian dari Departemen Keamanan Dalam Negeri. USCG juga merupakan agen federal utama untuk penegakan hukum perikanan negara di laut.

Penemuan seperti ini bukanlah hal baru antara AS dan negara-negara di Pasifik Barat, khususnya China dan Rusia. Mei lalu, sekitar dua bulan setelah perang antara Rusia dan Ukraina dimulai, Komando Indo-Pasifik AS melaporkan bahwa mereka juga melacak sebuah kapal Rusia di dekat perairan Hawaii.

.

"Komando Indo-Pasifik AS secara rutin memantau lalu lintas udara dan laut di Pasifik Barat untuk memastikan keamanan dan stabilitas kawasan bersama Sekutu dan mitra kami," kata seorang juru bicara kepada kantor berita KHON2.

"Sebagai bagian dari operasi normal harian kami, kami melacak dengan cermat semua kapal di wilayah operasi Indo-Pasifik melalui pesawat patroli maritim, kapal permukaan, dan kemampuan gabungan...Saya dapat memberitahu Anda bahwa kami sedang memantau kapal permukaan Rusia yang beroperasi di perairan internasional di sekitar Hawaii."(sumber: cnbcindonesia.com)


 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami