search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sepuluh Jenis Masalah Kulit, Penyebab, dan Cara Mengatasinya
Minggu, 9 April 2023, 11:53 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Sepuluh Jenis Masalah Kulit, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Kulit rentan mengalami berbagai permasalahan. Ada beragam jenis masalah kulit yang umum dialami sebagian orang, mulai dari jerawat, flek hitam, komedo, eksim, psoriasis, rosacea, dan lainnya.

Meskipun kebanyakan masalah kulit tidak membahayakan, tetapi jika dibiarkan dan tak segera diatasi dapat mempengaruhi penampilan seseorang.

Berikut dijelaskan jenis-jenis masalah kulit yang umum terjadi, serta penyebab dan cara mengatasinya.

Jenis-Jenis Masalah Kulit

Ada berbagai jenis masalah kulit yang bisa terjadi, dan setiap jenis memiliki penyebab dan cara penanganan yang berbeda.

Berikut jenis-jenis masalah kulit, penyebab, dan cara mengatasinya, dihimpun dari laman Healthline.

1. Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling umum terjadi, terutama pada kalangan remaja dan orang dewasa. Jerawat yang kerap muncul biasanya disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh minyak, kotoran, dan sel kulit mati.

Tak hanya itu, bakteri pada kulit juga dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Bagi Anda yang mengalami masalah jerawat, Anda dapat mengobatinya dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat, benzoil peroksida, dan retinoid.

2. Flek hitam

Flek hitam atau bintik-bintik hitam pada kulit juga merupakan salah satu masalah yang terjadi pada kulit. Flek hitam ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti paparan sinar matahari, penuaan, atau peradangan kulit.

Untuk mengatasi masalah flek hitam ini Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan pemutih, seperti asam kojik, dan vitamin C.

Tabir surya juga dapat digunakan untuk mencegah timbulnya flek hitam yang disebabkan oleh sinar matahari.

3. Komedo

Komedo atau blackhead dan whitehead adalah masalah kulit yang disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Komedo ini biasanya muncul di daerah hidung, dahi, dan dagu. Penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat dan retinoid dapat membantu mengatasi masalah komedo.

4. Kudis

Jenis masalah kulit selanjutnya yaitu kudis. Kudis atau scabies merupakan masalah kulit yang menular yang disebabkan oleh tungau di dalam kulit.

Kudis biasanya ditandai dengan timbulnya rasa gatal yang parah dengan disertai bintik merah pada kulit.

Kudis dapat menyebar melalui beberapa cara, seperti kontak kulit dengan orang yang terinfeksi, melalui binatang atau benda yang terkontaminasi. Untuk mengatasinya, gunakan obat atau krim yang mengandung permethrin.

5. Kurap

Masalah kulit satu ini disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit. Kurap menimbulkan rasa gatal dan terkadang timbul ruam merah yang melingkar.

Biasanya kurap menyerang area yang lembap seperti selangkangan, kaki, dan area lipatan kulit. Cara untuk mengatasi kurap yaitu dengan menggunakan obat anti jamur topikal dan oral.

6. Herpes

Herpes adalah infeksi pada kulit yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Virus ini dapat menyebar melalui kontak kulit, cairan dari luka, atau melalui udara saat orang yang terinfeksi sedang bersin atau batuk.

Infeksi herpes biasanya menimbulkan gejala seperti nyeri dan gatal-gatal pada area kulit tertentu, dengan diikuti munculnya benjolan atau lepuh kecil yang berisi cairan.

Untuk mengatasi gejala herpes yang muncul, Anda bisa menggunakan obat-obatan antivirus.

7. Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik merupakan masalah kulit yang menyebabkan kulit menjadi merah, bersisik, dan gatal-gatal. Munculnya masalah kulit ini dapat disebabkan oleh perubahan hormonal, stres, dan infeksi jamur.

Dermatitis seboroik biasanya muncul di area kulit yang berminyak, seperti kepala, wajah, dan dada. Anda bisa menggunakan sampo khusus dan krim kortikosteroid topikal untuk mengurangi peradangan pada kulit.

8. Eksim

Eksim adalah masalah kulit yang disebabkan oleh inflamasi pada kulit. Hal ini dapat mengakibatkan kulit menjadi kering, gatal, dan merah. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari faktor lingkungan, alergi, hingga genetik.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menjaga kelembapan kulit, menghindari faktor pemicu eksim, dan mengonsumsi obat-obatan atau krim yang direkomendasikan oleh dokter.

9. Psoriasis

Psoriasis merupakan masalah kulit yang ditandai dengan plak atau sisik pada kulit yang terjadi akibat regenerasi sel kulit yang terlalu cepat. Masalah ini dapat mengakibatkan kulit menjadi gatal, kering, dan terasa tidak nyaman.

Psoriasis bisa disebabkan oleh faktor genetik dan gangguan sistem kekebalan tubuh. Penanganan masalah ini dapat dilakukan dengan menggunakan salep tropikal, terapi cahaya, dan obat-obatan.

10. Rosacea

Masalah kulit ini ditandai dengan kulit yang kemerahan, berjerawat, dan terasa panas. Beberapa penyebabnya seperti faktor lingkungan, infeksi bakteri, dan faktor genetik diyakini cukup berperan.

Cara mengatasi rosacea yaitu dengan menggunakan obat antibiotik atau obat anti jerawat yang diresepkan dokter.

Demikianlah informasi tentang jenis masalah kulit serta penyebab dan cara mengatasinya. Jika Anda mengalami masalah kulit yang tidak kunjung sembuh, segera temui dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.(sumber: cnnindonesia.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami