search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Giliran Korsel Sampai Saudi Buru-Buru Evakuasi Warga dari Sudan
Minggu, 23 April 2023, 00:15 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Giliran Korsel Sampai Saudi Buru-Buru Evakuasi Warga dari Sudan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Korea Selatan hingga Arab Saudi memutuskan mengevakuasi warganya dari Sudan lantaran situasi terus memburuk menyusul perang saudara kian membara dan memasuki pekan kedua.

Kementerian Pertahanan Korsel berencana mengirim pesawat militer transport C-130J dan personelnya untuk membantu evakuasi warga yang terjebak di Sudan.

"Perang di Sudan masih berlangsung dan Bandara Internasional Ibu Kota Khartoum tempat warga negara kami tinggal itu ditutup," bunyi pernyataan kementerian itu pada Sabtu (22/4).

Kemhan Korsel menuturkan pesawat militer beserta personelnya akan siaga di dekat pangkalan militer Amerika Serikat di Djibouti sampai bisa melakukan evakuasi.

Sejauh ini, ada 26 warga Korsel di Sudan termasuk staf diplomat.

Selain Korsel, Arab Saudi juga melakukan hal serupa. Media pemerintah Saudi melaporkan sebuah kapal akan mengangkut warga negara kerajaan Islam itu dan beberapa warga asing untuk keluar dari Sudan dan tiba di Jeddah.

"Evakuasi pertama menggunakan kapal dari Sudan sudah tiba, mengangkut 50 warga Saudi dan sejumlah warga asing dari negara sahabat," bunyi laporan televisi Al-Ekhbariyah.

Kapal besar itu tiba di pelabuhan Laut Merah Jeddah. Empat kapal lain dari Sudan yang membawa 108 orang dari 11 negara berbeda juga diperkirakan tiba dalam waktu dekat, kata TV itu.

Al-Ekhbariyah merilis rekaman yang memperlihatkan kapal besar tiba di pelabuhan Jeddah. Media itu juga merilis video yang menunjukkan wanita dan anak-anak membawa bendera Saudi di salah satu kapal.

Sebelumnya, Jepang menjadi negara pertama yang buru-buru evakuasi warganya dari Sudan menggunakan pesawat militer pada Jumat.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami