search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Mencuri Sesari di Pura Manik Mas Besakih, Sejumlah Pemuda Ditangkap
Rabu, 26 April 2023, 10:17 WITA Follow
image

beritabali/ist/Mencuri Sesari di Pura Manik Mas Besakih, Sejumlah Pemuda Ditangkap.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Berpura-pura ngayah dalam rangkaian Karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) di Pura Besakih, lima orang pemuda ditangkap Polsek Rendang karena diduga melakukan aksi pencurian sesari di Pura Manik Mas, Kawasan Pura Agung Besakih, Rendang, Karangasem. 

Kapolsek Rendang, Kompol. I Made Suadnyana, Rabu (26/4/2023) menerangkan, dugaan aksi pencurian tersebut terbongkar setelah seorang pemuda inisial Putu Gede P alias Emon (22) asal Desa Selat, Kecamatan Selat, Karangasem tertangkap tangan mengambil sesari pada Selasa 25 April 2023 lalu. 

Sebelum tertangkap tangan, awalnya pada Senin 24 April 2023, Emon bersama seorang rekannya beraksi dengan modus menghaturkan ayah (melayani masyarakat yang hendak melakukan persembahyangan-red) dengan cara nirtain atau memercikkan air suci/tirtha kepada pemedek beserta banten yang dihaturkan. Disana mereka berdua mulai beraksi mengambil sejumlah uang sesari yang terdapat pada banten-banten tersebut. 

Tak sampai disana, keesokan harinya salah satu rekan pelaku kembali beraksi dengan mengajak beberapa orang rekannya yang lain. Dengan modus yang sama, komplotan tersebut berhasil mencuri sesari hingga ratusan ribu rupiah. 

"Salah satu pemangku mencurigai aksi mereka, kemudian menangkap tangan pelaku lalu meminta pertolongan anggota Satpol PP Kabupaten Karangasem yang bertugas diseputaran TKP untuk mengamankan pelaku kemudian selanjutnya melapor ke Polsek Rendang," ujar Kapolsek Rendang, Kompol. I Made Suadnyana.

Setelah melakukan penyelidikan serta mengantongi rekaman CCTV, Poksek Rendang kemudian mengamankan 5 orang terduga pelaku diantaranya, Putu Gede P (22) asal Desa Selat, Made AS (14) asal Menanga, Komang AR asal Subagan, Komang Gede MJ (14) asal Pempatan dan I Putu DP (16) asal Pempatan. 

Sementara itu, uang sesari yang diambil oleh terduga pelaku Putu Gede P dan satu rekannya dipakai untuk membeli satu botol arak. Sedangkan keesokan harinya saat beberapa pelaku lainnya beraksi juga diketahui sempat mengkonsumsi arak di wantilan salah satu pura pedharman kawasan Pura Besakih.

"Mereka mengaku sudah dua kali melakukan hal tersebut selama IBTK dengan modus yang sama, saat ini kita masih lakukan pendalaman," terang Suadnyana.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami