search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Lima Manfaat Susu, Salah Satunya Bisa Turunkan Berat Badan
Kamis, 1 Juni 2023, 16:25 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Lima Manfaat Susu, Salah Satunya Bisa Turunkan Berat Badan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Susu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bukan hanya bayi, siapa saja disarankan minum susu. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan lansia disarankan minum susu.

Apa saja manfaat susu untuk kesehatan tubuh?

Melansir Eating Well, susu mengandung banyak nutrisi di dalamnya. Dalam satu porsi atau sekitar 1 cangkir susu rendah lemak, terdapat kalori sebanyak 122, protein 8 gram, lemak total 5 g, lemak jenuh 3 g, karbohidrat 12 g, serat 0 g, dan gula 12 g yang terjadi secara alami.

Bertepatan dengan perayaan Hari Susu Sedunia 2023, penting untuk mengetahui manfaat minum susu agar Anda semakin semangat minum susu setiap hari. Berikut beberapa manfaatnya dilansir berbagai sumber:

1. Menjaga kepadatan tulang

Menukil Health Hub, susu merupakan sumber kalsium dan fosfor yang sangat baik. Keduanya diperlukan untuk mengembangkan dan memelihara tulang dan gigi agar tetap kuat dan sehat. Dengan begitu, susu juga bisa mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang di kemudian hari.

2. Melindungi dari penyakit kronis

Dalam jurnal yang keluar pada 2016 yang diterbitkan di Food and Nutrition Research, para peneliti di Eropa meninjau soal manfaat susu. Mereka meninjau bukti ilmiah dari studi yang ada tentang efek kesehatan dari susu dan produk susu.

Bukti yang ada menunjukkan bahwa asupan susu dikaitkan dengan menurunnya risiko penyakit berbahaya. Mulai dari obesitas yang lebih rendah, diabetes tipe 2, penyakit jantung, serta kanker usus besar, kandung kemih, lambung, dan payudara.

3. Mengandung vitamin B

Susu kaya akan vitamin B12, riboflavin (vitamin B2) dan niacin (vitamin B3) yang membantu konversi makanan menjadi energi. Vitamin B12 juga dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan fungsi normal sistem saraf pusat.

4. Susu Meningkatkan Pertumbuhan Otot

Protein utama dalam susu adalah kasein dan whey. Keduanya membantu membangun massa otot tanpa lemak dan mengurangi lemak tubuh.

5. Menurunkan berat badan

Penelitian menunjukkan konsumsi susu secara teratur mungkin tidak akan merugikan Anda jika Anda mencoba menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh kombinasi karbohidrat, protein, dan lemak yang membuat lebih kenyang yang ditemukan dalam susu.

Protein dan lemak dapat membantu membuat susu sangat mengenyangkan, yang dapat membantu menurunkan berat badan. Karbohidrat memberi Anda energi dan membantu fungsi tubuh sebaik mungkin.

Itulah 5 manfaat susu untuk kesehatan tubuh.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami