search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pondasi Rumah Tergerus Aliran Sungai, 4 KK Warga Sidemen Mengungsi
Senin, 10 Juli 2023, 13:07 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pondasi Rumah Tergerus Aliran Sungai, 4 KK Warga Sidemen Mengungsi.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Belasan warga Banjar Dinas Budamanis, Desa Sidemen, Karangasem terpaksa mengungsi ke rumah kerabat mereka menyusul pondasi rumah yang ditinggali terancam tergerus aliran Sungai Tukad Unda.

Perbekel Desa Sidemen, I Komang Putra dikonfirmasi megatakan ada 4 Kepala Keluarga yang terdiri dari 10 orang dewasa dan 5 orang anak - anak yang mengungsi ke rumah kerabatnya karena khawatir pondasi rumah mereka akan jebol apabila kembali terjadi aliran besar dampak hujan lebat di sungai tersebut. 

"Posisi rumah berada sekitar 5 meter dari bibir sungai, namun karena beberapa hari lalu hujan deras menyebabkan aliran sungai membesar mendekat dan merongrong pondasi 4 rumah yang ditinggali oleh 4 KK," kata Putra, Senin (10/7/2023). 

Rencananya, pihak ke Desa Sidemen akan memberikan bantuan sembako kepada 4 KK yang kini mengungsi di rumah kerabatnya. Ia juga belum mengetahui seperti apa tindak lanjutnya, apakah direlokasi atau seperti apa nantinya. 

Selain itu, di wilayah Desa Sidemen juga terdapat beberapa titik kejadian dampak cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini. Bahkan hingga kini satu titik tanah longsor menutup akses jalan menuju ke Pura Kahyangan Gunung Sari dan Taman Tirta Sidakarya di Banjar Dinas Tengah belum tertangani dengan memaksimal karena keterbatasan peralatan mengingat kondisi longsoran memerlukan bantuan alat berat untuk melaksanakan pembersihan. 

"Kita sudah sempat gotong royong bersama kecamatan untuk membersihkan material, tapi belum maksimal karena butuh alat berat untuk menyingkirkan material, semoga pihak terkait bisa membantu mendatangkan alat berat," tandasnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami