search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kadin Janji Pasarkan Hasil Pertanian Organik Desa Sidan
Jumat, 14 Juli 2023, 14:39 WITA Follow
image

beritabali/ist/Kadin Janji Pasarkan Hasil Pertanian Organik Desa Sidan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia, M. Arsjad Rasjid PM, bersama jajaran mendatangi Desa Sidan untuk melihat pertanian organik yang getol dijalankan oleh masyarakat Sidan. 

Setelah melihat dan ikut tanam benih, Kadin menjanjikan akan ikut memasarkan hasil pertanian organik petani Sidan.

Wakil Ketua Kadin, Silverius Oscar Unggul menyatakan apa yang dilakukan oleh Sidan merupakan projects karbon untuk. "Disini ada nilai tambah. Kalau pertanian dibikin biasa saja, karbon bisa dihitung. Nah, disini ada nilai," jelasnya.

Pertanian organik di Sidan bisa menjadi ajang belajar oleh seluruh Indonesia. "Kami ingin ada program. Petani tanam, kadin bantu pemasaran, hasil diambil oleh anggota Kadin," jelasnya.

Dikatakan lebih lanjut, petani bisa diajar memasarkan hingga hilir. Inilah yang disebut sebagai ekonomi Pancasila. 

Sementara itu, perbekel Sidan, Made Sukra Suyasa, menyatakan petani senang dengan kehadiran Kadin ke Sidan. "Petani kami senang dan riang gembira. Kadin yang membantu pemasaran, maka kami berterima kasih," ujar Sukra Suyasa.

Kerja sama bersama Kadin untuk menyebarkan pertanian organik. "Kami desa pelopor dan percontohan jadi pertanian organik sejak 2020. Banyak desa belajar di Sidan, kami siapkan sekolah untuk edukasi," jelasnya.

Kini, sawah organik di Sidan kini mencapai 40 hektare dari 111 hektar lahan pertanian Sidan. "Kami 20 persen dana desa untuk ketahanan pangan dari kimia ke organik," jelasnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami