search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Wayang Kulit Sukawati Diminati Pasar Lokal hingga Wisman
Sabtu, 12 Agustus 2023, 20:39 WITA Follow
image

beritabali/ist/Wayang Kulit Sukawati Diminati Pasar Lokal hingga Wisman.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Kabupaten Gianyar selain tersohor akan aneka seninya juga memiliki perajin tangan dengan berbagai macam produk khas tradisionalnya.

Salah satunya pelaku usaha wayang kulit tradisional Bali dengan karakter tokoh cerita Mahabarata dan Ramayana di Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar.

Produk kerajinan wayang ini menurut sang perajin wayang kulit tradisional Bali, I Gusti Ngurah Aristana, belum lama ini di Sukawati, Kabupaten Gianyar selain diminati pasar lokal wayang kulit ini juga diminati wisman mancanegara.

"Peminat selain para seniman pewayangan, wayang ini juga sempat di pesan wisman asal Australia, Jepang, hingga wisman asal Jerman," jelasnya.

Dirinya memaparkan tahap pembuat wayang kulit berbahan dasar kulit sapi ini dimulai dari, pemotongan serta pembersihan kulit sapi sesuai ukuran karakter wayang yang diinginkan.

Tahap selanjutnya pembuatan desain karakter tokoh pewayangan di atas kulit sapi yang telah dibentuk. Kemudian masuk ke tahap pengukiran sesuai pola karakter yang telah digambar tokoh pewayangan.

Tahap terakhir masuk ke tahap pewarnaan disesuaikan dengan karakter masing-masing tokoh dalam pewayangan.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami