search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Gunung Ibu di Halmahera Erupsi Lontarkan Abu, Status Siaga
Minggu, 22 Oktober 2023, 08:40 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Gunung Ibu di Halmahera Erupsi Lontarkan Abu, Status Siaga

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Gunung Ibu di Pulau Halmahera erupsi abu vulkanik pada Sabtu (21/10) pukul 21.30 WIT. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan tinggi kolom abu kurang dari 800 meter.

Data pada rekaman seismograf menunjukkan letusan memiliki amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasinya 62 detik.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya," jelas Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu, Efrita Lusy Andriany Saragih dalam keterangannya, disitat dari Antara.

PVBMG mengatakan posisi pemukiman warga terdekat dari kawah Gunung Ibu sekitar enam sampai tujuh kilometer. Warga diimbau tak beraktivitas dalam radius dua kilometer dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diminta menggunakan pelindung hidung, mulut dan mata bila terpaksa beraktivitas di luar ruangan.

Gunung ibu merupakan gunung api tipe strato volcano yang memiliki ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara.

Puncak gunung merupakan kawah vulkanik. Pusat kawah memiliki lebar 1 kilometer dan kedalaman 400 meter, sedangkan bagian luar memiliki lebar 1,2 kilometer.

Sejak 1 Januari hingga 21 Oktober Gunung Ibu sudah erupsi dengan jumlah letusan sebanyak 44 kali. Saat ini statusnya level II atau siaga.

Gunung Ibu adalah gunung paling aktif ketiga setelah Gunung Ili Lewotolok mengalami letusan 73 kali dan Gunung Anak Krakatau sebanyak 62 kali letusan.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami