search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Hutan Tejakula Terbakar, Ini Upaya BPBD Buleleng
Sabtu, 28 Oktober 2023, 21:59 WITA Follow
image

beritabali/ist/Hutan Tejakula Terbakar, Ini Upaya BPBD Buleleng.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Hutan negara di Dusun Antapura, Desa Tejakula Kecamatan Tejakula Buleleng terbakar. Meski demikian, sejumlah titik api masih mampu dikendalikan dan berada jauh dari pemukiman warga.

Upaya pemadaman sejumlah titik api hingga Sabtu 28 Oktober 2023 masih terus dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng dengan upaya kolaborasi dan gotong royong penyekatan titik api.

Kolaborasi secara bersama itu dilakukan BPBD Buleleng dengan melinatkan aparat Desa Tejakula, Polisi Kehutanan, Bumdes Tejakula dan Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Tejakula termasuk juga desa tetangga. 

“Upaya penyekatan ini bertujuan mencegah agar api tidak menjalar ke kebun dan pemukiman warga sekitar,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi.

Upaya penanganan juga dilakukan di perbatasan hutan Desa Les dengan penyekatan yang dilakukan oleh LPHD Desa Les, untuk mengantisipasi agar api tidak menjalar ke hutan Desa Les, karena lokasi kebakaran terletak diantara Desa Tejakula dan Desa Les yang berdekatan.

“Beberapa titik api sudah berhasil dipadamkan dan sebagian titik api telah dibuatkan penyekatan. Penyekatan ini dilakukan dikarenakan akses menuju lokasi yang sangat terjal sehingga menghambat kegiatan personel menuju ke titik api,” ujar Ariadi Pribadi.

Selain melakukan penanganan secara langsung dengan membuat penyekatan maupun pemadaman titik-titik api, BPBD Buleleng bersama warga juga melakukan pemantauan setiap saat di beberapa kawasan hutan yang berdekatan dengan pemukiman warga maupun kebun.

Editor: Robby

Reporter: bbn/bul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami