search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
7 Makanan Pembakar Lemak, Enak Tanpa Tersiksa
Senin, 20 November 2023, 15:59 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/7 Makanan Pembakar Lemak, Enak Tanpa Tersiksa

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Banyak orang khawatir makanan yang mereka santap bakal membuat mereka jadi makin berlemak dan gemuk. Padahal makanan juga bisa bakar lemak.

Makanan bakar lemak bisa membantu Anda menurunkan berat badan dan juga membantu menjaga tubuh lebih clean.

Makanan tinggi asam lemak omega-3, protein, dan antioksidan tertentu dapat membantu menghilangkan lemak tubuh. Beberapa makanan dan minuman alami telah terbukti meningkatkan metabolisme dan membantu menghilangkan lemak.

Berikut beberapa makanan untuk bakar lemak:

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak baik dan sangat baik untuk Anda. Salmon, mackerel, dan ikan berminyak lainnya mengandung asam lemak omega-3, yang telah terbukti mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, asam lemak omega-3 dapat membantu Anda menghilangkan lemak tubuh.

Dalam studi terkontrol selama 6 minggu terhadap 44 orang dewasa, mereka yang mengonsumsi suplemen minyak ikan rata-rata kehilangan 1,1 pon (0,5 kilogram) lemak dan mengalami penurunan kortisol, hormon stres yang berhubungan dengan penyimpanan lemak.

Sebuah penelitian dijurnal Public Library of Science mengenai omega-3 menemukan bahwa lemak ramah ini membantu "pengurangan lemak perut".

Terlebih lagi, ikan merupakan sumber protein berkualitas tinggi.Mencerna protein menyebabkan perasaan kenyang lebih lama dan meningkatkan laju metabolisme secara signifikan dibandingkan mencerna lemak atau karbohidrat.

Sebagian besar organisasi merekomendasikan untuk mengonsumsi dua porsi (masing-masing 3 ons) ikan berlemak per minggu untuk melihat manfaat kesehatannya.

Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan penurunan lemak.Ikan juga kaya protein, yang membantu Anda merasa kenyang dan meningkatkan laju metabolisme selama proses pencernaan.

2. Telur

Meskipun kuning telur dulunya dihindari karena kandungan kolesterolnya yang tinggi, telur utuh sebenarnya telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dalam beberapa penelitian.

Salah satu alasan mengapa telur begitu mengenyangkan mungkin karena peningkatan pembakaran kalori yang terjadi selama pencernaan protein

Makan tiga butir telur beberapa kali seminggu dapat membantu Anda membakar lemak sekaligus membuat Anda kenyang dan kenyang.

3. Cabai rawit

Cabai rawit tidak hanya menambah rasa pedas pada makanan. Antioksidan kuatnya dapat mengurangi peradangan dan membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa satu antioksidan dalam cabai yang disebut capsaicin dapat membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Terlebih lagi, senyawa ini juga dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan menghilangkan lemak tubuh.

4. Cokelat

Cokelat termasuk dalam makanan pembakar lemak. Dalam sebuah penelitian di Jurnal FASEB, wanita yang makan coklat di malam hari (dibandingkan dengan yang makan di siang hari) memiliki metabolisme yang lebih baik dan kehilangan berat badan sekitar setengahnya setelah dua minggu.

"Cokelat hitam mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu meningkatkan metabolisme Anda," kata Ahli Gizi David Weiner dikutip dari berbagai sumber.

Hasilnya, Anda akan membakar kalori lebih cepat. Namun, saat memilih dark chocolate, periksalah bahan-bahannya karena banyak yang masih mengandung gula.

5. Kacang

"Kacang-kacangan, khususnya almond, merupakan sumber magnesium dan lemak sehat yang baik. Lemak sehat ini juga menyediakan antioksidan, yang melawan dan memperbaiki kerusakan akibat peradangan," ujarnya.

"Kacang juga merupakan sumber protein yang baik, sehingga mengharuskan tubuh menggunakan lebih banyak energi selama proses pencernaan sehingga dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori," tambah David.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh European Journal of Nutritionyang menemukan bahwa mereka yang memasukkan kacang-kacangan ke dalam menu makanannya memiliki risiko lebih kecil untuk mengalami kenaikan berat badan atau menjadi obesitas.

6. Alpukat

Sebuah studi di Current Developments in Nutrition menemukan bahwa makan alpukat setiap hari, sebagai bagian dari diet kalori terkontrol, membantu penurunan berat badan para partisipan.

Manfaat alpukat tidak berhenti sampai disitu saja, penelitian lain dari Loma Linda University menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan pembakar lemak ini untuk sarapan atau makan siang, cenderung tidak makan berlebihan sepanjang hari.

7. Chia seed

Studi di Journal of Nutrition Research and Practice menemukan bahwa kandungan serat dan rendah karbohidrat pada biji chia bertanggung jawab membuat orang merasa kenyang lebih lama.

Sementarastudi laindari peneliti yang sama mencatat bahwa orang dewasa yang kelebihan berat badan yang mengonsumsi 30 gram biji chia setiap hari selama enam bulan kehilangan berat badan. Ini termasuk makanan bakar lemak terbaik yang pernah ada.(sumber: cnnindonesia.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami