search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Komoditas Padi Mendominasi Hasil Pertanian di Kota Denpasar
Sabtu, 13 Januari 2024, 14:53 WITA Follow
image

beritabali/ist/Komoditas Padi Mendominasi Hasil Pertanian di Kota Denpasar.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar mencatat selama tahun 2023 total hasil pertanian telah sesuai target yang direncanakan sebelumnya.

"Hasil panen secara keseluruhan cukup baik di lahan pertanian di Kota Denpasar dimana beberapa komoditi sesuai target diharapkan per 2023 atau per tahun lalu,"  ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Denpasar, A.A. Gde Bayu Brahmasta, Jumat (12/1/2023) saat dikonfirmasi.

Hasil pertanian di kota Denpasar per 2023 masih didominasi komoditas padi dibanding komoditas jenis lainnya.

"Komoditas mendominasi tanaman pangan khususnya padi karena merupakan komoditas strategis nasional dan petani telah terbiasa menanam padi," jelasnya.

Sedangkan untuk komoditas yang paling sedikit sementara tercatat jenis bayam karena permintaan pada komoditi ini rendah dibanding lainnya.

"Komoditi paling sedikit hortikultura khususnya bayam karena luas tanamnya paling sedikit disebabkan permintaan pasar rendah pada tahun lalu," cetusnya.

Dari pengamatan secara umum, daerah yang bagus untuk hasil pertanian adalah di daerah Kecamatan Denpasar Selatan.

Dalam upaya meningkatkan hasil pertanian, khususnya di Kota Denpasar, pihaknya dengan mendorong petani menggunakan varietas benih unggul, mengupayakan pemupukan berimbang dengan penggunaan pupuk organik lebih intensif, dan memaksimalkan kinerja petugas POPT atau PHP.

Selain itu pihaknya juga berkoordinasi antara petugas lapangan dan petani terkait budidaya ssesuai SOP atau GAP serta memberikan jaminan asuransi atau AUTP jika terjadi gagal panen.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami