search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Mudik Gratis Bisa, Bus Gratis bagi Pemedek ke Besakih Bisa? Ini Jawaban Dishub
Senin, 1 April 2024, 14:24 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi Bali AI/Mudik Gratis Bisa, Bus Gratis bagi Pemedek ke Besakih Bisa? Ini Jawaban Dishub.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Mudik gratis biasanya digelar bagi karyawan atau masyarakat umum yang dibiayai oleh perusahaan atau instansi tertentu. 

Di antaranya seperti Polresta Denpasar yang menggelar mudik gratis beberapa waktu lalu. Bahkan sejumlah Pemkab di Pulau Jawa mengadakan mudik gratis bagi warganya di Bali seperti Pemkab Banyuwangi dan Bondowoso. 

Layaknya tradisi tahunan, fasilitasi bus bagi pemudik menjadi alternatif mudik berjalan aman, nyaman, dan tentunya gratis. Namun, apakah perlakuan ini bisa disetarakan jika diterapkan bagi pemedek yang tangkil ke Pura Agung Besakih saat upacara tahunan Ida Bhatara Turun Kabeh pada Sasih Purnama Kedasa?

Selain kemudahan dari sisi biaya, masyarakat pun terhindar dari macet saat padatnya persembahyangan pada hari-hari tertentu ketika liburan. Lantas, sejauh mana penilaian kebijakan bus gratis ini di mata Dinas Perhubungan provinsi Bali?

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Gde Wayan Syamsi Gunarta mengatakan menyambut baik usulan kebijakan tersebut. Namun, jika memang terealisasi, pihaknya mencermati dari sisi teknis trayek yang dilintasi tidak sama dari moda transportasi selama ini yang telah beroperasi.

Kendati demikian, pemberlakuan bus gratis bagi pemedek ke Besakih ini juga perlu kesediaan antar-Kabupaten/Kota untuk secara bersama-sama memfasilitasi masing-masing warganya. 

"Bagus-bagus saja sih, mungkin teknisnya tidak sama, tapi disediakan shuttle dari titik pemberangkatan tertentu ke Besakih. Apakah mungkin ada Kabupaten/kota yang bersedia memfasilitasi warganya masing-masing model itu?" katanya belum lama ini.  

Selama ini, menurutnya Pemkab Badung, Buleleng, Tabanan, dan Jembrana sudah melakukan fasilitasi bus gratis bagi pemedek ke Besakih saat giliran nganyarin, tetapi akan lebih maksimal lagi bisa ditambah frekuensinya selama karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih.

Terkait peluang bus Trans Metro Dewata bisa digunakan untuk bus gratis pemedek ke Besakih, Syamsi mengungkapkan hal tersebut memungkinan, namun jika diizinkan dan ada yang bayar anggarannya.

"Tapi tetap harus ada pengganti di lintasan layanan Trans Metro Dewata (TMD)," pungkasnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami