search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Arus Mudik, Volume Sampah di Pelabuhan Gilimanuk Capai 4 Ton Sehari
Selasa, 9 April 2024, 09:38 WITA Follow
image

beritabali/ist/Arus Mudik, Volume Sampah di Pelabuhan Gilimanuk Capai 4 Ton Sehari.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Sejumlah petugas kebersihan terlihat sibuk membersihkan sampah di jalur nasional menuju Pelabuhan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana Senin (08/04/2024).

Bahkan, volume sampah di dalam pelabuhan saja bisa mencapai 4 ton atau empat kali pengiriman ke TPA sehari. Parahnya, volume sampah berserakan juga terjadi di areal terminal manuver Pelabuhan. 

Menurut pantauan, selain di jalur nasional, juga terjadi peningkatan volume di jalan gang menuju Pelabuhan Gilimanuk. Warga setempat atau pedagang warung setempat juga melakukan gotong royong untuk bersama-sama melakukan pembersihan. 

Menurut Lurah Gilimanuk, Ida Bagus Tony Wirahadikusuma, selama pelaksanaan arus mudik Lebaran 2024 ini, telah disiagakan 25 personel kebersihan serta dua truk sampah yang didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup Jembrana. 

Bahkan, telah dipasang poster imbauan agar seluruh masyarakat terima pemudik untuk tidak nyampah sembarangan. "Selain personel, mitra pasang imbauan juga dalam bentuk sepanduk agar para pemudik tidak membuang sampah sembarangan ketika sudah memasuki wilayah Kelurahan Gilimanuk," kata Tony. 

Dia menekankan pentingnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan dan melakukan pengelolaan sampah. Belakangan ini, masyarakat cenderung abai terhadap kepedulian lingkungan sekitarnya sehingga masalah sampah masih saja terjadi. 

"Mari bersama-sama sadar diri untuk menjaga lingkungan. Agar tidak menjadi seenaknya menciptakan sampah di suatu tempat yang ditinggalkan," tandasnya. 

Selain itu, Tony melanjutkan, jika pada hari normal rata-rata volume sampah hanya sekitar 1 ton, namun ketika arus mudik Lebaran, volume sampah bisa meningkat menjadi 4 hingga 5 ton per hari. Terbukti, peningkatan volume sampah yang ditimbulkan selama arus mudik ini sudah terjadi sejak H-5 atau sejak Jumat, 5 April 2024. 

"Kemarin ada 4 ton yang terkirim. Terutama untuk sampah yang di areal dalam pelabuhan. Itu dikirim empat kali ke TPA," jelasnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/jbr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami