search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Antisipasi Mpox, Bandara Ngurah Rai Siapkan Tiga Unit Thermal Scanner
Rabu, 21 Agustus 2024, 19:13 WITA Follow
image

beritabali/ist/Antisipasi Mpox, Bandara Ngurah Rai Siapkan Tiga Unit Thermal Scanner.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Menyusul peningkatan status Mpox atau virus cacar monyet sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKM-MD) oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali telah meningkatkan upaya pencegahan untuk memerangi potensi penyebaran virus tersebut. 

Bandara bekerja sama secara intensif dengan Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan (BBKK) Denpasar dalam rangka melindungi kesehatan masyarakat dan wisatawan.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, mengungkapkan bahwa bandara telah dilengkapi dengan tiga unit Thermal Scanner yang berfungsi untuk mendeteksi suhu tubuh penumpang sebagai langkah awal pencegahan Mpox. Alat ini ditempatkan strategis di area kedatangan internasional, yang merupakan titik fokus utama dalam mencegah penyebaran virus.

"Thermal Scanner kami letakkan di area kedatangan internasional untuk memantau suhu tubuh penumpang secara efektif. Jika ada penumpang yang menunjukkan gejala terindikasi Mpox, mereka akan langsung diteruskan ke pihak BBKK Denpasar untuk penanganan lebih lanjut," ujar Handy, Rabu (21/8/2024).

Penumpang yang terindikasi terjangkit Mpox akan diisolasi terlebih dahulu di ruang klinik BBKK yang terletak di Terminal Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai. Setelah itu, mereka akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut dan, jika diperlukan, dirujuk ke rumah sakit yang telah ditentukan.

"Sejauh ini, hingga hari ini, kami belum menemukan adanya indikasi penumpang yang terjangkit Mpox di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Namun, kami tetap berkomitmen untuk melakukan pemantauan dan pencegahan secara ketat untuk menjaga kesehatan dan keselamatan semua pihak," tambah Handy.

Editor: Robby

Reporter: bbn/maw



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami