search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Puluhan Pecandu dan ODHA Ikut Upacara HUT RI
Minggu, 17 Agustus 2008, 12:38 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Puluhan mantan pecandu, pecandu narkoba, dan pengidap HIV/AIDS menggelar upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-63. Upacara bendera ini juga sekaligus menjadi protes tindakan diskriminasi dan kriminalisasi yang mereka terima selama ini.



Sepintas, upacara bendera yang berlangsung pagi ini di Sidakarya Denpasar ini sama dengan upacara bendera HUT kemerdekaan RI lainnya. Namun setelah mengikuti dari dekat upacara bendera ini, perbedaan baru terlihat karena diikuti oleh puluhan pecandu, mantan pecandu, dan orang yang hidup dengan penyakit HIV/AIDS dari Kota Denpasar dan sekitarnya.

Seperti upacara bendera lainnya, upacara bendera ini juga terdiri dari pembina upacara, pemimpin upacara, hingga petugas pengibar bendera. Pengibaran bendera merah putih dalam upacara ini dilakukan secara sederhana, yakni dengan diikat pada sebatang bambu.



Meski ada beberapa peserta upacara yang masih dalam perawatan ketergantungan narkoba, namun mereka tetap semangat mengikuti upacara bendera ini hingga selesai.



"Lewat upacara ini kita ingin membuktikan bahwa kita sama dengan warga Indonesia lainnya yang cinta tanah air serta ingin mendapat perlakuan yang sama di segala bidang. Meski kita belum sepenuhnya merdeka karena masih ada diskrimnasi dan kriminalisasi, tapi kita tetap mencintai negeri ini," kata Gusti Ngurah Wahyunda, koordinator upacara ini. (bob)

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami