search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
BMKG : Musim Hujan Molor
Minggu, 23 Agustus 2009, 20:15 WITA Follow
image

images.google.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofísica (BMKG) Wilayah III Denpasar merekomendasikan kepada petani di Bali untuk mewaspadai mundurnya musim penghujan di Bali sebagai dampak dari fenomena El Nino.



BMKG memprediksikan musim penghujan di Bali baru akan terjadi pada bulan November atau Desember.



Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Sumiratno pada keteranganya di Denpasar (23/8) menjelaskan jika sebelumnnya musim hujan di Bali biasannya terjadi pada bulan Oktober, maka pada tahun ini musim hujan diprediksikan mundur antara satu sampai dua bulan. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada mundurnya musim tanam oleh Petani.

”Jadi mundurnya musim penghujan kemungkinan menyebabkan masa tanamnya akan ikut mundur, ini juga terkait dengan masa tanam berikutnya. Harus hati-hati karena masa musim penghujannya akan menjadi lebih pendek” kata Sumiratno.



Sumiratno memprediksikan dampak dari fenomena El Nino yang cukup kuat baru akan terasa pada bulan Desember atau Januari 2010. Namun El Nino pada tahun ini dipastikan tidak terlalu membawa dampak buruk pada wilayah Indonesia seperti tahun-tahun sebelumnya, yang mana El Nino selalu menyebabkan cuaca buruk seperti ombak besar dan angin kencang.



El Nino pada tahun ini cendrung hanya mengurangi curah hujan, walaupun curah hujan untuk tiap daerah akan sangat berbeda. (mlt)

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami