search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Asean Kembangkan Industri Kreatif Seni Budaya
Rabu, 29 September 2010, 20:17 WITA Follow
image

image.google.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Negara-negara Asean sepakat untuk mengembangkan industri kreatif seni budaya dalam membangun usaha kecil dan menengah (UKM) di kawasan Asean.

Pengembangan industri kreatif seni budaya yang dimaksud yaitu pengembangan UKM dengan basis kreatifitas seni dan budaya, seperti usaha kreatif pertunjukan, industri kerajinan tangan dan industri seni lainnya.

 

Kesepakatan ini merupakan rekomendasi dari Sidang Forum UKM Budaya Se-Asean yang ditutup pada hari ini di Tuban Bali, Rabu (29/9).Sekretaris Komite Asean Bidang Informasi dan Budaya Wilayah Indonesia Hubertus Sadirin menyatakan pengembangan UKM seni budaya bertujuan untuk mengembangkan usaha kretif dalam bidang seni dan budaya.

Pengembangan usaha kreatif seni budaya juga nantinya diharapkan membawa dampak pada usaha pemberantasan kemiskinan di Asean.Menurut Hubertus, masing-masing negara juga sepakat untuk mulai melakukan pemataan usaha industri seni dan budaya yang potensial dikembangkan di masing-masing negara.

 

�Ini untuk identifikasi lingkup dan prioritas terhadap bidang-bidang yang potensial untuk dikembangkan,� ujar Hubertus Sadirin.Sekretaris Komite Asean Bidang Informasi dan Budaya Wilayah Indonesia Hubertus Sadirin mengungkapak negara-negara Asean juga sepakat untuk bekerjasama dalam advokasi terutama mengenai perlindungan terhadap hak cipta dari industi kreatif seni budaya masing-masing negara.

Selain itu juga disepakati juga disepakati pengembangan industri kreatif yang berbasis kelestarian lingkungan guna mewujudkan industri yang berkesinambungan. 

Reporter: bbn/mul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami