search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Forum Perjuangan Hak Bali Dideklarasikan
Minggu, 12 Februari 2012, 19:32 WITA Follow
image

google.com/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Forum Perjuangan Hak Bali (FPHB) dideklarasikan pada Minggu (12/2/2012) di areal Museum Bali Denpasar.  Forum ini dibentuk untuk mendesak pemerintah pusat agar mengalokasikan dana bagi hasil untuk Propinsi Bali. Deklarasi Forum Perjuangan Hak Bali ini dihadiri berbagai kalangan mulai para bendesa atau tokoh adat dari beberapa kabupaten di Bali, akademisi hingga rohaniawan.

Dalam deklarasi ini, tokoh yang hadir sepakat untuk menuntut hak dana bagi hasil ke pemerintah pusat yang selama ini belum dinikmati oleh masyarakat Bali. Menurut  anggota DPR RI asal Bali  Nyoman Dhamantra yang juga penggagas forum ini,  FPHB dibentuk dengan tujuan untuk mendesak pemerintah pusat agar mengalokasikan dana bagi hasil bagi Propinsi Bali.

"Dana bagi hasil ini sangat krusial bagi Bali. Dengan adanya dana bagi hasil ini dapat digunakan untuk memenuhi hak-hak masyarakat Bali yakni hak atas pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan hak untuk pelestarian budaya Bali," kata Nyoman Dhamantra,  (12/2/2012). "Bali selama ini merupakan daerah penyumbang devisa yang besar bagi negara dari sektor pariwisata. Namun selama ini pemerintah pusat tidak pernah memberikan dana untuk pelestarian budaya Bali yang menjadi penunjang sektor pariwisata tersebut," imbuh Dhamantra.

Untuk mewujudkan dana bagi hasil ini, menurut Dhamantra, sebelumnya perlu ada revisi Undang-Undang Propinsi Bali. "Lewat revisi (UU Propinsi Bali) diharapkan keadilan akan kita dapatkan," kata Dhamantra.

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami