search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tawur Agung Balik Sumpah Utama di Catus Pata Singaraja
Selasa, 8 Maret 2016, 18:05 WITA Follow
image

beritabali.com/pande wismaya

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Sehari menjelang perayaan brata penyepian,  umat Hindu di Kabupaten Buleleng menggelar upacara Tawur Agung Balik Sumpah Utama yang dipusatkan di Catus Pata Singaraja Selasa (8/3/2016) siang. Upacara tersebut bertujuan untuk menyucikan Bhuana Agung dan Bhuana Alit untuk suasana kedamaian saat pelaksanaan catur brata Penyepian tahun caka 1938.
 
Upacara Tawur Agung Balik Sumpah Utama dipuput oleh Trisadaka atau tiga orang sulinggih.  Upacara Tawur Agung tersebut menggunakan sarana seperti kerbau, anjing blangbungkem,  angsa,  babi,  ayam serta beberapa sarana lainnya yang dipersembahkan untuk penyucian Bhuana Agung dan Bhuana Alit. 
 
Kelian Desa Pekraman Buleleng Nyoman Sutrisna mengatakan Upacara kali ini merupakan yang utama karena pada saat Nyepi esok juga bertepatan dengan gerhana matahari total yang langka dan juga bertepatan dengan ucal balung.  
 
"Upacara ini diharapkan bisa menyucikan Bhuana Agung dan Bhuana alit saat pelaksanaan Catur Brata Penyepian sehingga bisa terlaksana dengan damai," jelasnya. 
 
 
Sementara itu Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menyatakan agar masyarakat Buleleng didalam melaksanakan Catur Brata Penyepian bisa melaksanakannya dengan baik dan damai sehingga Buleleng tetap kondusif dan aman. "Mari maknai perayaan hari raya nyepi dengan swadarma masing-masing untuk menjaga kedamaian Buleleng," ujar Agus.[bbn/pwm] 

Reporter: Kominfo NTB



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami