search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tingkatkan Efisiensi, Pemerintah Badung Beralih ke e-Arsip
Kamis, 19 Oktober 2017, 10:00 WITA Follow
image

ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Beritabali.com, Badung. Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Badung, Ni Wayan Kristiani mengatakan arsip harus diubah menjadi data elektronik lewat e-Arsip untuk meningkatkan efisiensi.
 
Namun, dia juga mengharapkan, penyimpanan arsip secara konvensional juga harus tetap ada. Kemudian, seluruh arsip yang konvensional tersebut baru disimpan ke dalam data elektronik.
 
[pilihan-redaksi]
"Kalau kita menggunakan sistem konvensional harus dapat ditemukan secara cepat juga. Akan tetapi memerlukan banyak tenaga.  Sedangkan penggunaan IT lebih cepat. Penggunaan tenaga manusia lebih sedikit  degan kata lain lebih efisien," jelasnya, Rabu (18/10/2017).
 
Dilanjukan, dalam zaman globalisasi pengembangan arsip menggunakan IT jauh lebih mumpuni. Mengingat perkembangan teknologi dewasa ini cukup pesat dan cepat. Penyimpanan secara manual lambat laun akan ditinggalkan.
 
"Yang kita harus lakukan kedepan arsip konvensional yang sudah kita miliki harus secara menyeluruh  di scan. Kemudian dimasukkan kedalam aplikasi yang sudah kita siapkan. Kemudian disimpan dalam server. Arsip yang sifatnya statis terbuka bisa ditayang atau dipablis sedangkan arsip statis  tertutup harus disimpan. Dalam kita meretensi arsip ini aktif jauh lebih mudah menentukan arsip yang akan disusutkan tanpa harus mengecek fisik arsip tekstual," paparnya.
 
Sembari dia menambahkan, dalam e-arsip yang sudah pihaknya buat merupakan suatu sistem di mana arsip yang disimpan secara konvensional dapat ditemukan dengan kurun waktu  beberapa menit saja. [bb/aga]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami