search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Mengenal Lebih Dalam Soal Difteri
Sabtu, 16 Desember 2017, 07:57 WITA Follow
image

ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Difteri adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri corynebacterium diphtheriae yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit.
 
Menurut dr. Verry Adrian Pengelola Program Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, penyakit ini sangat menular dan termasuk infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa jika tidak segera ditangani.
 
"Jakarta sudah ada yang meninggal karena difteri. Karena itu, dinas kesehatan Jakarta merasa penting untuk menyampaikan hal ini untuk masyarakat. Ini karena bakteri bukan karena virus," papar dr. Verry Adrian Pengelola Program Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta saat ditemui di acara Mundipharma Penanganan Luka Ringan yang Tepat di RPTRA Kalijodo, Jakarta, Jumat (15/12/2017).
Banyak yang salah mengira ketika mengalami gejala demam, sakit menelan dan sepalut pseudomembran, putih keabu-abuan yang tidak mudah lepas dan mudah berdarah.
 
"Tapi yang khas adalah adanya selaput putih keabu-abuan yang tidak mudah lepas dan mudah berdarah. Ini yang perlu diperhatikan. Tidak usah lama - lama, jadi langsung ke rumah sakit," tambahnya.
 
Masih menurutnya, jika selaput putih tersebut menutup tenggorokan nanti akan mengakibatkan sulitnya bernafas hingga menyebabkan kematian.

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami