search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pemkab Klungkung Gelar Bakti Penganyar di Pura Ulun Danu Batur
Rabu, 4 April 2018, 16:35 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KLUNGKUNG.

Beritabali.com.Klungkung, Pemkab Klungkung melaksanakan bakti penganyar, serangkaian Karya Ngusaba Kedasa di Pura Luhur Ulun Danu Batur, Kintamani, Bangli, Rabu (4/4). Bakti Penganyar dipimpin langsung  Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra serta SKPD dilingkungan Pemkab Klungkung.
 
[pilihan-redaksi]
Menurut ketua panitia wewantenan penganyar, Dewa Soma, bakti penganyar ini wajib dilaksanakan selama Ida Bhatara katuran nyejer dalam upacara Ngusaba purnama kedasa atau pujawali. Bakti penganyar ini sebagai wujud bakti umat kehadapan Ida Bhatara Bhatari utamanya Ida Bhatara yang berstana di Pura Ulun Danu. “Saat ngusaba umat diwajibkan mempersembahkan segala baktinya kehadapan Ida Bhatara dengan satu harapan Ida Bhatara yang berstana disini selalu memberikan berkah,”jelas Dewa Soma.
 
Bakti penganyar diawali dengan penataan banten dilanjutkan dengan natab banten prayascita. Hingga melaksanakan pesembahyangan bersama membaur dengan ratusan pemedek lainnya. Sebelum pesembahyangan, seluruh umat mengawali dengan melaksanakan puja Trisandya. Persembahyangan berlangsung hikmad dipuput Ida Pedanda gede wayahan keniten dari Griya Tengah Semarapura, Klungkung. Seusai pesembahyangan, Sekda Klungkung juga menghaturkan punia yang diterima panitia karya. Sementara itu, Ida Bathara Nyejer selama 12 Hari dan akan disineb pada tanggal 12 April mendatang. (bbn/rlsklk/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami