search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bersama Potong Hewan Kurban, Berbagai Umat Menyatu di Posko Relawan De Gadjah
Rabu, 22 Agustus 2018, 12:43 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com,Denpasar. Perayaan Idul Adha di Bali tidak hanya dirayakan oleh umat muslim, tetapi dalam balutan suasana kebersamaan beragam umat menyatu di lokasi Posko Relawan De Gadjah Padang Sambian, Monang-Maning Denpasar.
 
[pilihan-redaksi]
Tampak beberapa relawan yang dari berbagai umat melangsungkan pemotongan kambing secara gotong royong pada perayaan Idul Adha, Rabu (22/8) kali ini. Tanpa pembagian tugas mereka ikhlas serentak bekerja baik yang melakukan pemotongan awal, menguliti hingga memotong-potong per bagian daging kambing untuk kemudian dibagikan kepada umat yang merayakan.
 
Tradisi tiap tahun yang diselenggarakan mulai 2013 ini memang pemandangan biasa dari masyarakat sekitar yang tergabung dalam komunitas Relawan De Gadjah. Seperti yang diungkapkan Koordinator Relawan De Gadjah, Putu Trisnajaya, dimana suasana ini sudah rutin dilakukan sebagai ungkapan saling menghargai dan berbagi dengan warga sekitar yang kurang mampu.
 
Trisnajaya yang juga selaku Perbekel (Kepala Desa) Tegal Kertha juga menuturkan sedikitnya terdapat 250 kupon untuk pembagian daging kurban yang dibagikan pada fakir miskin dan warga yang kurang mampu sehingga mereka juga bisa menerima berkah dari hari raya Idul Adha tahun ini. Untuk total 17 ekor kambing yang dipotong, tiga diantaranya juga diserahkan pada masing-masing warga kurang mampu untuk melangsungkan pemotongan sendiri. 
 
"Kami mengharapkan kegiatan ini terus berlanjut kedepan dan memberi manfaat kepada warga yang kurang mampu di sekitar," ujarnya.
 
Sementara Ketua Panitia Kurban yang juga salah satu Relawan De Gadjah, Cucuk Handono mengatakan seperti motto dari relawan yakni 'Solidaritas Tanpa Batas', bahwa istilah itu bukan hanya kata-kata belaka tetapi wujud nyata soliditas semua relawan untuk bersatu, berbagi rasa dan suasana persaudaran satu sama lain tanpa membedakan Suku, Agama Ras atau golongan tertentu.
 
"Pagi setelah melangsungkan sholat Idul Adha, kami berkumpul di Posko dan mulai pemotongan pukul 09.00 wita pagi, tidak hanya umat muslim saja yang melakukan pemotongan, tampak disini ada warga Hindu, kristen dan lainnya berkumpul," ungkapnya.  
 
[pilihan-redaksi2]
Made Muliawan Arya yang akrab disapa De Gadjah menambahkan dari sebagian hewan qurban kambing di Posko Relawan De Gadjah juga disumbangkan dari warga Hindu Bali yang menjadi Relawan De Gadjah.
 
"Kita di relawan De Gadjah rutin melakukan kegiatan ini setiap perayaan Idul Adha. Begitu juga sebaliknya saat perayaan Galungan. Untuk hari Idul Adha kali ini, Relawan De Gadjah melakukan qurban sebanyak 17 ekor kambing," Singkatnya. 
 
Secara keseluruhan dari data panitia hewan Qurban di wilayah Kalimutu, Monang-Maning Denpasar menyebut ada 35 ekor kambing dan enam ekor sapi yang di kurbankan kali ini. (bbn/rob/Maw)
 

Reporter: bbn/maw



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami