search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Hujan Lebat di Karangasem Akibatkan Tembok Pura Tergerus dan Tembok Warga Jebol
Rabu, 6 Februari 2019, 18:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Curah hujan tinggi yang masih melanda wilayah Karangasem mengakibatkan beberapa tembok tergerus air, seperti yang terjadi Pura Paibon Alit Madu Sari di Dusun Kedampal, Desa datah Kecamatan Abang dan jebolnya tembok milik warga banjar Dinas Darma Winangun, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Rabu (6/2).  
 
Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa melaporkan akibat curah hujan tinggi kondisi tanah yang labil, Penyengker Pura Paibon Alit Madu Sari di Dusun Kedampal, Desa Datah, Kecamatan Abang tergerus dalam peristiwa tersebut nihil korban. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Karangasem melakukan penilaian dan pendataan yang didampingi oleh Kadus/Kawil setempat.
 
Selain itu, volume air sungai tinggi di Banjar Dinas Darma Winangun, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, yang terjadi di 2 (dua) titik 1 (satu) lokasi, meluapnya air sungai mengakibatkan air masuk ke rumah penduduk dan mengakibatkan 2 (dua) tembok penyengker rumah milik I Nyoman Sudiarta dan I Gede Arianto jebol akibat meluapnya air sungai. 
 
Sedangkan, hujan lebat juga mengakibatkan longsoran menutupi jalan raya di Banjar Dinas Sege, Desa Bunutan, Kecamatan Abang. Penangannya, Tim TRC BPBD Karangasem melakukan pembersihan lanjutan dengan menggunakan alat manual secara bergotong royong bersama Bina Marga PUPR Karangasem, Koramil Abang, PMI Karangasem dan Masyarakat setempat. Untuk saat ini jalan sudah dapat dilalui oleh Masyarakat.
 
"Untuk saat ini masyarakat meminta alat berat supaya ada normalisasi di sungai tersebut dan akan segera dikoordinasikan langsung ke Dinas terkait. Tim TRC BPBD Karangasem melakukan asessment yang didampingi oleh PUPR Provinsi, Babinkantibmas Tianyar, Kepala Wilayah setempat dan Staf Desa Tianyar," ungkapnya.
 
 
Untuk peristiwa longsor di Batu Dawa Kaja, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Tim TRC BPBD ke lokasi terpantau sudah tertangani dengan bergotong royong oleh masyarakat setempat. Akses jalan sudah bisa dilalui oleh masyarakat. 

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami