search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Peptida Bioaktif Kacang Undis Dapat Dimanfaatkan Sebagai Antihipertensi
Senin, 22 April 2019, 12:25 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan jika peptida bioaktif kacang gude atau dalam bahasa Bali disebut undis dapat dimanfaatkan sebagai antihipertensi. 
 
[pilihan-redaksi]
Hal ini karena peptida memiliki banyak manfaat bagi kesehatan di luar cakupan gizi. Hasil penelitian ini disampaikan oleh Ni Ketut Ratnayani dalam ujian terbuka promosi doktor di Gedung Pascasarjana, Universitas Udayana pada Senin (22/4). 
 
Ratnayani menyampaikan hasil penelitiannya yang berjudul "Produksi Peptida Bioaktif Antihipertensi dari Protein Kacang Gude (Cajanus Cajan (L) Mili.SP.) Melalui Proses Perkecambahan dan Hidrologis Gastrointestinal In Vitro.
 
Ratnayani dalam penelitian untuk mendapatkan peptida bioaktif kacang undis menggunakan dua metode. Pertama menggunakan metode proses perkecambahan dan hidrolisis Gastrointestinal in vitro terhadap isolat protein kacang undis.
 
Menurut Ratnayani yang merupakan dosen pada Jurusan Kimia Fakultas MIPA, Universitas Udayana, peptida bioaktif kacang undis memiliki kemampuan untuk menghambat Angiotensin Converting Enzyme (ACE). Dimana ACE memiliki peran fisiologis utama dalam pengaturan tekanan darah. Aktivitas ACE dapat meningkatkan tekanan darah dengan cara mengkonversi Angiotensin.[bbn/Mul]

Reporter: bbn/mul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami