search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Nasi Bira, Hidangan Banyu Pinaruh Bermakna Anugerah Ilmu Pengetahuan
Minggu, 31 Januari 2021, 11:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/Nasi Bira, Hidangan Banyu Pinaruh Bermakna Anugerah Ilmu Pengetahuan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Nasi Bira menjadi hidangan yang disajikan atau dinikmati setelah melakukan prosesi banyu pinaruh. Nasi bira atau yang juga dikenal dengan nasi pradnyan menjadi sebuah simbol anugerah ilmu pengetahuan, dengan harapan ilmu pengetahuan yang dipelajari dipelajari dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Hal tersebut terungkap dalam sebuah artikel berjudul “Motivasi Belajar Dan “Beasiswa Dewi Saraswati” Di Tengah Perayaan Hari Saraswati” yang dipublikasikan dalam Jurnal Guna Widya,  Volume 3, No.1, tahun 2011. Artikel tersebut ditulis oleh Ketut Sumadi dari Fakultas Dharma Duta IHDN Denpasar.

Nasi bira atau pradnya pada umumnya merupakan nasi berwarna kuning dengan berbagai macam lauk, disertai kacang saur, telur, daging ayam, mentimun terung. Nasi ini mirip nasi yasa, sehingga tidak jarang juga disebut dengan nasi yasa saraswati.

Menyantap nasi bira biasanya menjadi agenda penutup dari ritual Banyu Pinaruh. Banyu pinaruh sendiri berasal dari kata banyu yang berarti air, dimana air dalam agama Hindu identik dengan tirta dan tirta bersinonim dengan amertha yang berarti kehidupan. Sedangkan pinaruh berasal dari kata pinih dan weruh. Pinih berarti utama dan weruh berarti pengetahuan atau kecerdasan.

Jadi banyu pinaruh dapat diartikan sebagai ritual memohon air atau tirta pengetahuan atau kecerdasan. Namun dapat juga dimaknai sebagai momentum membersihkan atau mensucikan diri dengan ilmu pengetahuan.

Reporter: bbn/mul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami