search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
FGD Arak Bali (4), Sommelier: Arak Bali Dapat Nilai 7
Minggu, 21 Juli 2019, 07:37 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Arak Bali dinilai sudah mempunyai kualitas yang cukup bagus. Tinggal selangkah lagi agar arak Bali bisa diterima luas dan lebih dikenal dunia. 
 
[pilihan-redaksi]
Hal ini disampaikan I Putu Eka Agusyasha, Chairman Bali Sommelier Association (BSA) yang juga seorang Sommelier (wine master), dalam acara Focus Group Discussion Arak Bali Berbasis Pemberdayaan Petani, yang digelar organisasi masyarakat Swastika Bali pada Kamis (18/7) di Wiswa Sabha, kantor Gubernur Bali, Renon, Denpasar.
 
 
"Saya terkejut, sekian tahun saya keliling dunia, ternyata kita punya Arak Bali yang luar biasa. Mudah-mudahan kita bisa membuat pelatihan sehingga bisa terus meningkatkan kualitas arak Bali," ujar pria asal Sesetan Denpasar yang sudah berkeliling dunia sebagai Sommelier.
 
Meski dinilai sudah cukup berkualitas, namun Arak Bali, kata Putu Eka masih memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki. 
 
"Yang masih kurang itu "after taste" atau rasa yang tertinggal di tenggorokan, masih kurang banyak. Tapi "average" (rata-rata) arak Bali ini sudah dapat nilai 7, sudah oke, supaya ditingkatkan lagi," ujarnya. 
 
Apakah Arak Bali sudah bisa bersaing dengan alkohol dunia lain seperti Sake Jepang atau Soju Korea? Putu Eka tinggal mengatakan tinggal selangkah lagi agar arak Bali bisa sejajar dengan alkohol dunia lainnya.
 
[pilihan-redaksi2]
"Saya pikir "one more step" (satu langkah) lagi agar bisa bersaing dengan alkohol dunia. Arak Bali harus lebih "smooth" (lembut) dan masyarakat harus mendukungnya. Nilai 7 sudah masuk. Saya sempat keliling dunia dan saya tahu persis "this not bad", kita tinggal percaya saja bahwa kita bisa," ujarnya.
 
 
Putu Eka yang juga pengurus di Bali Local Alcohol and Beverages Control (Balabec) menyatakan pihak Balabec kini terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas arak Bali agar bisa masuk ke pasaran alkohol tingkat nasional maupun global.
 
Pelatihan-pelatihan kepada petani arak Bali diharapkan bisa membuat arak Bali bisa semakin berkualitas dan diterima oleh wisatawan atau masyarakat di luar Bali hingga luar negeri. [bbn/psk] 

Reporter: bbn/gus



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami