search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
BNNP NTB Desiminasi Stop Narkoba Lewat Kecimol
Rabu, 14 Agustus 2019, 07:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Beritabali.com, Lombok. Dengan target menyasar kelompok atau Desiminasi anak muda yang rentan terkena bahaya narkoba, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Nusa Tenggara Barat (NTB) meluncurkan sebuah program. 
 
[pilihan-redaksi]
Lewat grup-grup musik lokal tradisional Lombok atau Sasak yang disebut Kecimol, desiminasi 'Stop Narkoba' yang diusung BNNP bisa memasyarakat.
 
Kepala BNNP NTB, Kombespol Drs Made Sugianyar Dwi Putra SH Msi menjelaskan, pihaknya melirik 'Kecimol', karena di grup musik tradisional Sasak inilah, kelompok muda NTB biasa berkumpul.
 
"Dari pengamatan di lapangan yang kita lakukan, Kecimol ini merupakan kelompok musik lokal, yang isinya anak-anak muda. Mereka biasa tampil saat ada hajatan atau kawinan, joget-joget," kata Gde Sugianyar, yang baru 19 Juli 2019 lalu menjabat Kepala BNNP NTB. 
 
Krama Bali asal Gianyar mantan Kadiv Humas Polda Bali ini melaksanakan Desiminas 'stop Narkoba'  lewat grup musik Kecimol, per awal Agustus lalu.
"Dari kelompok musik Kecimol ini kita harapkan pesan-pesan bahaya narkoba tersampaikan," jelas perwira yang siap menyandang pangkat Brigjen ini, dikonfirmasi Selasa (12/8).
 
[pilihan-redaksi2]
Kecimol adalah alat musik terdiri dari drum yang berjumlah sepuluh biji yang kecil dn dan dua drum besar. Gamelan oni ini diiringi gitar dan piano. Biasa dimainkan pada acara kawinan atau nyongkolan setiap hari Minggu sore.  Tak hanya menyasar anak-anak muda lewat musik lokal, desiminasi stop narkoba direalisasikan Sugianyar dengan mengunjungi General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Lombok, Nugroho Jati. 
 
Didampingi Kabid Pemberantasan AKBP Denny Priadi Ssos, dan Kabid P2M Drs H Nur Rachmat Apt, kedatangan Sugianyar dan rombongan dalam rangka mengantisipasi masuknya peredaran gelap narkoba  melalui Bandara Internasional Lombok (BIL).
 
Hal sama juga dilakukan Sugianyar dan jajarannya, dengan menyambangi Polda NTB, Selasa (13/8). Diterima Kapolda NTB Irjenpol Drs Nana Sudjana. Dalam kesempatan kunjungan ini, Sugianyar menyampaikan terkait modus operandi peredaran gelap narkoba yang terus berubah dan mengkhawatirkan di wilayah NTB. (bbn/lom/rob)

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami