search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Khusus Sampah Plastik, Puluhan Buis Terpasang di Jalur Objek Wisata Pemukuran
Senin, 26 Agustus 2019, 18:50 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com, Karangasem. Di sepanjang jalan menuju objek wisata Pemukuran yang berada di Dusun Dukuh, Desa Sibetan, Bebandem Karangasem dipasangi puluhan buis.
 
[pilihan-redaksi]
Puluhan buis tersebut nantinya akan dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah khusus sampah jenis plastik baik oleh warga maupun wisatawan yang berkunjung ke lokasi agrowisata salak Dukuh lestari dan Objek wisata Pemukuran. 
 
Menurut Kepala Wilayah Dusun Dukuh, I Komang Eddy Saputra, ada sekitar 50 buis yang telah dipasang. Sebanyak 10 buah diantaranya merupakan swadaya dari warga setempat sementara 40 buis sisanya merupakan sumbangan dari pihak swasta.
 
"Pemasangan sarana prasarana berupa buis ini juga sebagai pendukung untuk menunjang Desa Dukuh bebas sampah plastik dan program Desa Adat Sibetan dan mendukung Pergub Bali," ujarnya.
 
Disamping menunjang berbagai program tersebut, pemasangan buis sebagai tempat sampah di sepanjang jalan Dusun Dukuh ini juga bertujuan untuk mengedukasi serta membiasakan warga masyarakat agar tidak membuang sampah plastik sembarangan.
 
[pilihan-redaksi2]
"Untuk mengubah pola pikir masyarakat tidak cukup dengan saran dan pesan saja, jika tanpa ada sarana tempat sampah maka semua itu akan menjadi mubasir," tutur Komang Edi.
 
Buis-buis tersebut khusus diperuntukkan untuk tempat membuang sampah plastik dan sejenisnya yang tidak bisa terurai dengan tanah. Hal ini memang disengaja dengan pertimbangan apabila sampah organik bisa dibuang ke kebun salak sebagai pupuk.
 
Sementara itu, pemasangan puluhan buis ini juga menurut Komang Edi mendapat respon yang baik dari masyarakat bahkan warga malah meminta agar pemasangan buis ini diperbanyak lagi agar bisa menjangkau seluruh wilayah Dukuh. (bbn/igs/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami