search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Jempana dan 3 Bangunan Pura Puseh Desa Adat Muntig Hangus Terbakar
Selasa, 15 Oktober 2019, 13:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Tiga unit bangunan beserta lima buah jempana yang ada di Pure Puseh Desa Adat Muntig, Banjar Dinas Muntig, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem, ludes terbakar pada Selasa (15/10/2019).

[pilihan-redaksi]
Peristiwa kebakaran ini dibenarkan oleh Kapolsek Kubu, AKP. I Komang Sura Maryantika ketika dikonfimasi. Menurutnya, peristiwa kebakaran ini pertama kali diketahui oleh seorang warga yang tinggal di dekat pura Puseh tersebut bernama Nyoman Bendesa (70) sekitar pukul 04.00 WITA.

Dari keterangan yang diberikan oleh Nyoman Bendesa, saat itu dirinya baru bangun untuk beraktifitas, namun ketika keluar rumah ia terkejut lantaran melihat ada api di bangunan Pura Puseh Desa Adat Muntig, dimana jarak rumahnya dengan Pura hanya 50 meter.

"Mengetahui ada kebakaran, yang bersangkutan kemudian mendekati TKP dan dilihat Bale Panggungan yang atapnya terbuat dari ijuk sudah dilalap api," kata Kapolsek Sura Maryantika.

Mendapati bangunan pura terbakar, dirinya kemudian memberitahu kepada warga untuk melakukan pemadaman. Di waktu yang sama lewat I Nyoman Ribek yang kebetulan membawa kendaraan tangki air juga ikut memdamkan api. 

[pilihan-redaksi2]
Hanya saja, usaha warga sia-sia karena kondisi angin yang cukup kencang dan posisi pada ketinggian sehingga air lemah mengalir ke areal Pura. Bangunan yang ada di jeroan Pura Puseh Muntig yang terbuat dari kayu dan atap dari ijuk hangus dilalap api.
 
Adapun bangunan yang terbakar diantaranya satu buah bangunan Bale Panggungan dengan luas 4x20 m, satu buah Bale Pegat berukuran  4×12 m, Satu buah Bale Agung berukuran 3x24 m beserta lima buah Jempana dan pengangge yang ada bangunan tersebut.

"Akibat kejadian ini kerugian material ditaksir mencapai Rp. 2,5 Milyar. Sementara penyebab kebakaran belum diketahui dan masih ditangani unti Reskrim Polsek Kubu," ungkap Sura Maryantika.

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami